Pada hari  Jum’at,  19Juli 2013 Pukul 09.45 WIB Balai Besar Kerajinan dan Batik  Yogyakarta menerima kunjungan Bupati Banyumas, Jawa Tengah beserta rombongan. Rombongan yang berjumlah 35 orang tersebut terdiri dari Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Asekbang dan Kesra, Asisten Pemerintahan dan Administrasi, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan, Kepala Bapeda, Kepala Disperindagkop, Kepala Bagian Perekonomian, Pengurus Penggerak PKK dan perajin industri kerajinan dan Batik. Dalam kesempatan tersebut rombongan disambut Kepala Bidang Sarana Riset dan Standardisasi (Saristand) BBKB Yogyakarta Ibu Ir. Endang Pristiwati, M.Si di dampingi para  pejabat eselon III dan IV di Lingkungan Balai Besar Kerajinan dan Batik.

   Dalam sambutannya Bupati Banyumas Bapak Ir. Achmad Husein mengatakan bahwa tujuan melakukan kunjungan dengan seluruh jajaran Pemerintah Daerah Banyumas ke Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta adalah menambah wawasan dan belajar industri kerajinan dan batik yang akan dikembangkan sekaligus diimplementasikan di Kabupaten Banyumas. Adapun industri yang akan dikembangkan dan akan segera dilakukan kerjasama antara lain :

1. Pelatihan smock dan wave

2. Peralatan kompor listrik

3. Alat irat bambu untuk pembuatan lidi

4. Pelatihan tenun/lurik ATBM untuk seragam pegawai

5. Pelatihan batik printing

6. Pelatihan pembuatan shuttle kock

7. Batik mark

8. Uji tahan luntur

   Kepala Bidang Sarana Riset dan Standardisasi Ibu Ir. Endang Pristiwati, M.Si mewakili Balai Besar Kerajinan dan Batik mengucapkan terima atas kunjungan dan  kepercayaannya, sehingga Bapak Bupati dan rombongan dari Pemerintah Daerah Banyumas dapat mengetahui secara langsung tugas pokok dan fungsi BBKB  dan melihat secara lebih dekat kegiatan/aktifitas dari masing-masing laboratorium yang dimiliki oleh BBKB. Untuk itu BBKB Yogyakarta menyambut baik usulan Bupati Banyumas yang akan melakukan pengembangan Industri Kecil dan Menengah di Kabupaten Banyumas. Adapun dalam kunjungan ini difokuskan untuk melakukan kerjasama pembuatan peralatan dan pelatihan.

 Guna menambah wawasan dan mengenal lebih luas tentang Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta kepada rombonganPemerintah Daerah Banyumas diperkenalkan secara singkat mengenai profil BBKB Yogyakarta oleh Bapak Harnandito Paramadharma.  Disamping itu rombongan juga diberikan informasi mengenai pentingnya batikmark dan hasil kegiatan penelitian dan pengembangan BBKB yang terkait dengan industri kerajinan dan batik tahun 2012 .

   Dalam upaya mengetahui proses pengembangan dan penelitian di  BBKB Yogyakarta yang didukung 11 laboratorium, maka rombongan juga diajak untuk melihat secara lebih dekat kegiatan/aktifitas dari masing-masing laboratorium yang berada di lingkungan BBKB Yogyakarta, meliputi : 1). Laboratorium Batik; 2).Laboratorium Serat Alam Non Tekstil (SANT); 3).Laboratorium Perhiasan (Logam Non-Ferro); 4).Laboratorium Tenun; 5). Laboratorium Garment dan Perca; 6). Laboratorium Kerajinan Umum (tempurung kelapa, kertas seni, dll); 7). Laboratorium kayu, bambu dan rotan; 8). Laboratorium pengujian 9). Laboratorium kalibrasi; 10). Laboratorium perekayasaan alat; dan 11). Laboratorium Desain. Disamping berkunjung di BBKB, Bupati dan rombongan juga menyempatkan diri melakukan kunjungan ke perajin Tenun Tugu Mas di Kampung Joyonegaran, Wirogunan Yogyakarta.

Bagikan di Media Sosial Anda