Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Palu. Mereka berkunjung ke Balai Besar Kerajinan dan Batik,  pada hari Senin 29 Februari 2016 untuk menghadiri pembukaan dan mengikuti Pelatihan Batik Zat Warna Sintetis di BBKBYogyakarta.

Pelatihan Batik Cap dengan Zat Warna Sintetis kerjasama Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Palu dengan BBKB dalam rangka menumbuhkembangkan batik di Kota Palu.. Di Kota Palu sendiri, sebenarnya sudah ada beberapa pengrajin batik, tetapi batik belum berkembang. Dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan batik bisa lebih dikenal dan berkembang di Palu.

Pihak BBKB Yogyakarta menyambut hangat kedatangan mereka. Mereka juga sangat antusias dengan diadakannya pelatihan ini, walaupun harus memulai membatik dari tingkat dasar. Dalam setiap penyelanggaraan pelatihan para peserta untuk tidak tegang agar selalu santai namun harus tetap fokus kepada materi yang disampaikan para instruktur. Suasana pelatihan dibangun dengan komunikasi dua arah, jadi kalau memang ada materi yang kurang paham bisa langsung menanyakan untuk memudahkan para peserta dalam menyerap ilmu, pesan Wisnu Pamungkasdalam sambutannya mewakili BBKB.

Pelatihan akanberlangsung selama 5 (lima) hari terhitung mulai Senin, 29 Februari 2016 sampai denganhari Jumat 4 Maret 2016. Adapun sambutan Kepala UPTD Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Palu yang dibacakan Ibu Maryani mengatakan bahwa tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk mempelajari proses pembuatan batik, mengikis kemiskinan, meningkatkan persaingan tenaga kerja, menimba ilmu dan seni batik, agar bisa berkembang di Kota Palu.“Kami harap ilmu yang kami dapatkan setelah pelatihan di tempat ini dapat berguna untuk mengembangkan batik di kota kami. Dengan begitu, kami bisa menciptakan lapangan pekerjaan. Jadi juga sekalian bisa untuk mengikis angka kemiskinan,” Tutur Ibu Maryani, mewakili Kepala UPTD Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Palu.

Share

  • Share on Facebook
  • Share on Twitter