DEFINISI
1. Petugas UPP adalah petugas unit pelayanan publik
2. Kalibrasi adalah proses pengecekan dan pengaturan akurasi dari alat ukur dengan cara membandingkannya dengan standar/tolak ukur
3. ISO/IEC adalah International Organization for Standardization / International Electrotechnical Commission (IEC)
4. Ruang lingkup kalibrasi BBKB yaitu:
    a. Temperatur
    b. Instrumen Analitik
    c. Massa
    d. Volume
    e. Tekanan

PERSYARATAN
1 Kelengkapan administrasi, meliputi :
    a. Pengisian Formulir Permintaan Kalibrasi
2 Kelengkapan teknis, meliputi :
    a. Alat yang di Kalibrasi
    b. Kondisi peralatan berdasarkan pemeriksaan fisik alat kalibrasi

SISTEM, MEKANISME DAN PROSEDUR LAYANAN KALIBRASI
Kalibrasi di BBKB
1. Pengguna jasa Mengirim atau menyerahkan alat yg akan dikalibrasi ke petugas UPP kemudian mengisi form permintaan kalibrasi
2. Petugas UPP (Unit Pelayanan Pengguna Jasa) Memeriksa dan memproses alat yang akan dikalibrasi serta menyerahkan tanda terima kalibrasi ke pengguna jasa
3. Kepala Seksi Kalibrasi Memeriksa fisik dan melakukan pengecekan alat yang akan dikalibrasi serta melakukan konfirmasi terkait alat yang bisa kalibrasi
4. Petugas UPP (Pelayanan pengguna jasa) Mengeluarkan invoice
5. Pengguna jasa mentransfer biaya kalibrasi ke kas negara
6. Setelah Proses Kalibrasi selesai, Petugas UPP (Pelayanan pengguna jasa)
Menyerahkan alat yang sudah dikalibrasi langsung ke pengguna jasa atau mengirim melalui kurir
7. Pengguna jasa Menerima alat, sertifikat dan menandatangani berita acara penyerahan alat yang sudah dikalibrasi

Kalibrasi di Luar BBKB
1. Pengguna jasa menyampaikan surat permohonan kalibrasi atau mengisi form permintaan kalibrasi bagi pengguna jasa yang datang langsung
2. Petugas UPP (Pelayanan pengguna jasa) memeriksa dan memproses permintaan kalibrasi serta menyampaikan kepada Seksi Kalibrasi untuk dilakukan penjadwalan
3. Kepala Seksi Kalibrasi melakukan penjadwalan pelaksanaan kalibrasi kemudian menyampaikan kepada Petugas UPP
4. Petugas UPP (Pelayanan pengguna jasa) menginput permintaan kalibrasi serta jadwal pelaksanaan pada sistem informasi laboratorium dan mencetak surat perintah kalibrasi
5. Kepala Seksi Kalibrasi melakukan pengecekan alat, melakukan proses kalibrasi di lokasi pengguna jasa dan melakukan konfirmasi alat yang dapat dikalibrasi kepada Petugas UPP
6. Petugas UPP (Pelayanan pengguna jasa) mengeluarkan invoice
7. Pengguna jasa mentransfer biaya kalibrasi ke kas negara
8. Setelah Proses Kalibrasi selesai, Petugas UPP (Pelayanan pengguna jasa) mengirimkan Sertifikat Hasil Uji (SHU) langsung ke pengguna jasa atau melalui kurir
9. Pengguna jasa Menerima sertifikat dan menandatangani berita acara penyerahan sertifikat yang sudah dikalibrasi

JANGKA WAKTU PENYELESAIAN
1. Waktu penyelesaian kalibrasi enclosure (alat besar) selama 7 (tujuh) hari kerja (Maksimal (dua) 2 sertifikat kalibrasi yang terbit per hari)
2. Waktu penyelesaian Kalibrasi non-enclosure (alat kecil) 7 (tujuh) hari kerja (Maksimal (empat) 4 sertifikat kalibrasi yang terbit per hari)
 
BIAYA/TARIF
Sesuai Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 tahun 2011 tentang
Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Kementerian Perindustrian
Alur Layanan Kalibrasi dapat dilihat berikut ini.

Kalibrasi

Download

Share

  • Share on Facebook
  • Share on Twitter