DEFINISI
1. Petugas UPP adalah petugas unit pelayanan publik
2. Kalibrasi adalah proses pengecekan dan pengaturan akurasi dari alat ukur dengan
cara membandingkannya dengan standar/tolak ukur
3. ISO/IEC adalah International Organization for Standardization / International
Electrotechnical Commission (IEC)
4. Ruang lingkup kalibrasi BBKB yaitu:
    a. Temperatur
    b. Instrumen Analitik
    c. Massa
    d. Volume
    e. Tekanan

PERSYARATAN
1 Kelengkapan administrasi, meliputi :
    a. Pengisian Formulir Permintaan Kalibrasi
2 Kelengkapan teknis, meliputi :
    a. Alat yang di Kalibrasi
    b. Kondisi peralatan berdasarkan pemeriksaan fisik alat kalibrasi

SISTEM, MEKANISME DAN PROSEDUR LAYANAN KALIBRASI
Kalibrasi di BBKB
1. Pengguna jasa Mengirim atau menyerahkan alat yg akan dikalibrasi ke
petugas UPP kemudian mengisi form permintaan kalibrasi
2. Petugas UPP (Unit Pelayanan Pengguna Jasa) Memeriksa dan memproses alat
yang akan dikalibrasi serta menyerahkan tanda terima kalibrasi ke
pengguna jasa
3. Kepala Seksi Kalibrasi Memeriksa fisik dan melakukan pengecekan alat yang akan
dikalibrasi serta melakukan konfirmasi terkait alat yang bisa kalibrasi
4. Petugas UPP (Pelayanan pengguna jasa) Mengeluarkan invoice
5. Pengguna jasa Mentransfer biaya kalibrasi ke kas negara atau membayar
langsung ke Petugas UPP kasir
6. Petugas UPP (Kasir) Menerima pembayaran dan melakukan penyetoran
pendapatan ke Kas Negara kemudian menyampaikan kwitansi ke UPP
Pelayanan pengguna jasa
7. Setelah Proses Kalibrasi selesai, Petugas UPP (Pelayanan pengguna jasa)
Menyerahkan alat yang sudah dikalibrasi langsung ke pengguna jasa atau mengirim
melalui kurir
8. Pengguna jasa Menerima alat, sertifikat dan menandatangani berita acara
penyerahan alat yang sudah dikalibrasi

Kalibrasi di Luar BBKB
1. Pengguna jasa menyampaikan surat permohonan kalibrasi atau mengisi
form permintaan kalibrasi bagi pengguna jasa yang datang langsung
2. Petugas UPP (Pelayanan pengguna jasa) memeriksa dan memproses
permintaan kalibrasi serta menyampaikan kepada Seksi Kalibrasi untuk
dilakukan penjadwalan
3. Kepala Seksi Kalibrasi melakukan penjadwalan pelaksanaan kalibrasi kemudian
menyampaikan kepada Petugas UPP
4. Petugas UPP (Pelayanan pengguna jasa) menginput permintaan kalibrasi
serta jadwal pelaksanaan pada sistem informasi laboratorium dan
mencetak surat perintah kalibrasi
5. Kepala Seksi Kalibrasi melakukan pengecekan alat, melakukan proses kalibrasi di
lokasi pengguna jasa dan melakukan konfirmasi alat yang dapat dikalibrasi
kepada Petugas UPP
6. Petugas UPP (Pelayanan pengguna jasa) mengeluarkan invoice
7. Pengguna jasa mentransfer biaya kalibrasi ke kas negara atau membayar
langsung ke Petugas UPP kasir
8. Petugas UPP (Kasir) menerima pembayaran dan melakukan penyetoran
pendapatan ke Kas Negara kemudian menyampaikan kwitansi ke UPP
Pelayanan pengguna jasa
9. Setelah Proses Kalibrasi selesai, Petugas UPP (Pelayanan pengguna jasa) mengirimkan
Sertifikat Hasil Uji (SHU) langsung ke pengguna jasa atau melalui kurir
10. Pengguna jasa Menerima sertifikat dan menandatangani berita acara
penyerahan sertifikat yang sudah dikalibrasi

JANGKA WAKTU PENYELESAIAN
1. Waktu penyelesaian kalibrasi enclosure (alat besar) selama 7 (tujuh) hari kerja (Maksimal (dua) 2 sertifikat kalibrasi yang terbit per hari)
2. Waktu penyelesaian Kalibrasi non-enclosure (alat kecil) 7 (tujuh) hari kerja (Maksimal (empat) 4 sertifikat kalibrasi yang terbit per hari)
 
BIAYA/TARIF
Sesuai Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 tahun 2011 tentang
Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Kementerian Perindustrian

Tarif Layanan Kalibrasi dapat dilihat pada lampiran berikut ini.

Download

Share

  • Share on Facebook
  • Share on Twitter