Jumlah Data : 7072
No | Judul | Abstrak | Pengarang | Penerbit | Tahun | Subyek |
---|---|---|---|---|---|---|
71 | Tesaurus Bahasa Indonesia Kode Panggil: 499.2 Sug t |
Buku ini berisi deretan kata yang memiliki makna yang sama atau mendekati kesamaan. Diperlukan ketika seseorang sudah memiliki konsep, ide, gagasan, dan pengalaman, namun belum menemukan kata yang tepat untuk mengungkapkannya | Dendy Sugono | Departemen Pendidikan Nasional | 2008 | |
72 | Batik Tegal: Koleksi Sogan Klasik & Pesisiran Kode Panggil: 75.02 Ami b |
Dalam buku ini terdapat 100 motif yang tercatat sejak tahun 2009. Berbagai bentuk ornamen bunga, daun, buketan, hewan, ikan, buah, atau dalam bentuk simbol lainnya dapat dikelompokkan dalam dua jenis, Sogan & Pesisir. Sogan Klasik memiliki dua varian yaitu Sogan Keraton dan Sogan Pedalaman. Batik Pesisir memiliki empat macam yaitu Klasik Pesisir Pengaruh Pedalaman, Klasik Pesisir, Klasik Kelir Pesisir, dan Kelir Pesisir. | Nur Anisa Amini | Apsara | 2015 | batik |
73 | Permata Tersembunyi Kalimantan Timur: Seni Kriya Kutai Barat, Malinau, Nunukan Kode Panggil: 745 Par p |
Adalah potret kekayaan seni kriya di Kabupaten Kutai Barat, Malinau, dan Nunukan. Ada kisah tentang tenun, sulaman, manik-manik, anyaman, ukir kayu, dan mandau dari tiga daerah dan para perajinnya yang setia menjaga tradisi. Namun, sejumlah problem juga tengah mengancam keberlangsungan mereka, mulai keterbatasan bahan baku, jumlah perajin yang menurun, sampai akses ke pasar yang masih terbatas. Buku ini mengajak kita semua memberi perhatian agar kilau permata seni kriya di tiga daerah tak lagi tersembunyi tetapi mendunia. Sentra-sentra perajin di Kutai Barat, Malinau, dan Nunukan mmepunyai kekuatan sebagai desa wisata. Keindahan alam, keseharian, maupun pentas kesenian mereka sungguh memikat. Danau Jempang di Kutai Bara, misalnya, menawarkan pemandangan yang meneduhkan hati. Tak jauh dari situ, ada Desa Tanjung Isuy dan Batu Bura yang selain memproduksi kriya, juga mempunyai kelompok kesenian yang selalu siap menghibur wisatawan. Para pengunjung juga bisa menginap di rumah panjang yang relatif masih asli. Di Long Midang, Kecamatan Krayan, Nunukan terdapat satu-satunya sumur air asin pegunungan yang menjadi sumber bahan baku garam gunung yang kaya mineral. Sementara itu Taman Nasional Kayan Mentarang yang berada di Malinau dan Nunukan juga sangat menantang untuk dijelajahi karena kekayaan pemandangan dan keanakeragaman hayatinya. Selain potensi ekonominya, tiga kabupaten ini adalah halaman depan Indonesia, karena posisinya yang sangat strategi. Oleh karenanya langkah-langkah pengembangan daerah harus dilaksanakan secara sungguh-sungguh dan semua pemangku kepentingan harus berpartisipasi. | Yusi Pareanom | Dekranas | 2011 | |
74 | Layang-Layang Indonesia Kode Panggil: 008 Pus l |
Kekayaan budaya Indonesia sudah sangat terkenal ke berbagai penjuru dunia. Namun, tak banyak yang tahu betapa Indonesia juga memiliki beragam jenis layang-layang tradisional dari berbagai daerah, yang umumnya tak bisa dilepaskan dari sistem kehidupan masyarakat setempat. Tak mengherankan jika layang-layang di banyak daerah di Indonesia juga diselubungi oleh mitos-mitos. Selain memaparkan layang-layang tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, buku ini juga menyajikan para tokoh layang-layang di Indonesia dan juga organisasi yang mewadahi mereka. Ada juga uraian mengenai Museum Layang-layang Indonesia serta museum semacam itu di berbagai belahan dunia. Tak lupa pula disinggung sejarah layang-layang dunia dan mengenai lukisan layang-layang purba di sebuah gua di Muna, Sulawesi Tenggara. | Endang Widjanarko Puspoyo | Museum Layang-Layang Indonesia | 2004 | budaya |
75 | Europe Kode Panggil: 912 Phi e |
Danielle Mallinus | Terre d'Images | 2006 | ||
76 | The Pier Falls and Other Stories Kode Panggil: 808.83 Had p |
Mark Haddon | Doubleday | 2016 | cerita pendek | |
77 | Kebaya Melintasi Masa: Kumpulan Tulisan 28 Perempuan Tentang Kebaya Kode Panggil: 8-94 Sas k |
Merupakan kumpulan tulisan berupa pengalaman pribadi dan pemikiran tentang busana tradisional kebaya dengan sentuhan humanisme yang tinggi serta dianggap inspiratif. Terdapat 28 nama perpempuan dengan 35 judul tulisan. Untuk calon penulis sebelumnya disiapkan Kelas Belajar Menulis Artikel Tipis-Tipis secara virtrual. Kelas yang diikuti 40 peserta dari beragam profesi, pendidikan, komunitas dan berasal dari Jabodetabek, Yogyakarta, Banyuwangi, Cimahi, samarinda, Rembang, bahkan Jerman. Alhamdulillah, lebih dari separuh peserta berhasil mengumpulkan tulisannya. Penggalan kenangan mengalir untuk memberikan penerangan tentang kebaya dan berkebaya sekaligus pewarisan pengetahuan untuk generasi selanjutnya. | Soesi Sastro | PT Pustaka Obor Indonesaia | 2021 | |
78 | Fashion Tekstil: Pengetahuan tentang Tekstil dan produk tekstil untuk Desain Fashion Kode Panggil: 677 Kus f |
Buku ini menyajikan kepada pembaca mengenai pengetahuan dasar tentang tekstil. Bagi setiap orang yang terlibat dengan aktivitas memakai, mengolah tekstil menjadi produk tekstil, maupun kalangan yang bisnisnya berhubungan dengan tekstil dan produk tekstil perlu mengetahui pengetahuan tentang tekstil yang memadai. Kebanyakan pengetahuan atau istilah-istilah yang digunakan sehari-hari di kalangan mereka sekedar istilah yang bisa digunakan menyebut maupun mengidentifikasi suatu jenis tekstil berdasarkan nama atau istilah pasar yang pengertiannya seringkali tidak sesuai dan tidak bisa dipahami di kalangan yang lebih luas. Dengan berbekal pengetahuan dasar mengenai tekstil dan produk tekstil diharapkan mereka akan: Menggunakan terminologi dan istilah-istilah mengenai tekstil dengan benar. Mengetahui aturan serta cara memberi label dengan benar pada saat mendistribusikan tekstil maupun produk tekstil. Memahami efek dari suatu proses produksi terhadap suatu jenis tekstil, baik dalam bentuk tampilan (performance) maupun sifat-sifatnya. Memanfaatkan tekstil dengan tepta seusai peruntukannya setelah mengetahui sifat-sifat serta keunggulan dan kelemahannya. Seseorang yang mempelajari Desai Fashion dan mempersiapkan diri menjadi seorang entrepreneur di bidang apparel, seyogyanya memahami pengetahuan tentang tekstil, terlebih dalam menghadapi perdagangan global. | Adi Kusrianto | Andi | 2020 | |
79 | Timika dalam Batik Kode Panggil: 75.02 Ami t |
Merupakan upaya dari APSARA batik gallery untuk mengidentifikasi budaya Papua dan keindahannya, khususnya Timika-Papua dalam bentuk karya cipta desain batik. Melalui buku ini, diharapkan desain Papua akan semakin berwarna, terarah dan berkarakter, serta memiliki identitas sendiri. | Nur Anisa Amini | Apsara | 2018 | batik |
80 | The Journey Batik Pesisir from Semarang, Kendal, Demak & Kudud Kode Panggil: 75.02 Pri j |
Keindahan batik tidak pernah gagal untuk memikat dan sejarah panjang serta prinsip filosofis yang mengelilingi keberadaannya membuatnya semakin menarik. Batik Pesisir dari Pantai Jawa Tengah belum mendapat perhatian yang cukup, terkalahkan oleh batik yang lebih populer dari Yogyakarta atau Solo. Upaya menghidupkan dan memperkenalkannya ke khalayak luas akhir-akhir ini telah merebut hati banyak kolektor batik. The Journey, Batik Pesisir dari Pesisir Jawa Tengah menghadirkan koleksi batik yang sangat banyak dari daerah tersebut. Disertai dengan gambar-gambar indah yang akan menggetarkan, baik kolektor maupun mereka yang baru mengenal kreasi Indonesia yang begitu indah. | Ieneke F. Priyo | Amariz Comunications | 2009 | batik |