Pemerintah Kota  Pasuran, Jawa Timur  melakukan kunjungan ke Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta dalam rangka monitoring Pelatihan batik menggunakan ZWA, Pelatihan Batik Menggunakan ZWS dan Pelatihan Pembuatan Canting Cap. Kunjungan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 29 Maret 2013 pukul 08.30 Wib dipimpin oleh Ketua Dekranasda Pemerintah Kota Pasuruan  Ibu Hj.Maria k. Hasani dan di dampingi Kepala  Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pasuruan  Ibu Hj. Sumarni. Rombongan yang berjumlah sekitar 20 (dua puluh) orang disambut Kepala Balai Besar Kerajinan dan Batik beserta pejabat Eselon III dan IV.

Sebagai upaya memperkenalkan tugas dan fungsi BBKB Yogyakarta secara nyata, rombongan diajak kelililing dan berkunjung ke beberapa Laboratorium guna melihat secara dekat kemampuan yang di miliki oleh BBKB. Adapun Laboratorium yang di kunjungi meliputi; Laboratorium Perhiasan; Laboratorium Batik; Laboratorium Serat Alam Non Tekstil (SANT); Laboratorium Garmen dan Perca serta Ruangan Pelorodan.

Dalam kunjungan ke Laboratorium di lingkungan BBKB Yogyakarta, rombongan tertarik untuk melakukan kerjasama pelatihan  yang lebih luas selain batik dan canting cap yang sudah berjalan selama ini. Sedangkan kerjasama pelatihan yang akan dilaksanakan  ke depan yaitu pelatihan perhiasan dan kerajinan anyaman.

Pada kesempatan tersebut Kepala Balai Besar Kerajinan dan Batik Ibu Zulmalizar yang ikuti mendampingi rombongan ketika berkunjung ke  Laboratoritum Garmen dan Perca mengatakan bahwa masing-masing daerah mempunyai banyak potensi sumber daya termasuk Kota Pasuruan, sehingga perlu banyak di gali dan dikembangkan. BBKB Yogyakarta mempunyai sarana dan prasarana  laboratorium yang lengkap dan SDM yang berkompeten untuk mengembangkan IKM kerajinan dan batik di Kota Pasuruan

Share

  • Share on Facebook
  • Share on Twitter