Gedung Lama

Gedung Lama Color

Tahun 1922

Pemerintah Hindia Belanda mendirikan Balai Percobaan Pertenunan dan Batik ("TEXTILE INRICHTING EN BATIK PROEFSTATION") di Bandung dengan tujuan memberikan penyuluhan kepada perajin tekstil dan batik

Tahun 1929

Pada tahun 1929 secara khusus didirikan Stasiun Pengujian Batik di Yogyakarta

Tahun 1952

Lembaga ini dipisah menjadi Balai Tekstil di Bandung dan Balai Batik di Yogyakarta

Tahun 1971

Balai Batik berkembang menjadi Balai Penelitian Batik dan Kerajinan

Tahun 1980

Menghadapi tugas yang semakin luas, maka pada tahun 1980 Balai Penelitian Batik dan Kerajinan berubah menjadi Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Industri Kerajinan dan Batik.

Tahun 2002

Berdasarkan SK Menteri Perindustrian dan Perdagangan Nomor : 782/MPP/Kep/11/2002 dalam rangka menyesuaikan misi organisasi  dengan kebutuhan nyata masyarakat industri dan perdagangan, maka Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Industri Kerajinan dan Batik di reorganisasi lagi menjadi Balai Besar Kerajinan dan Batik.

Tahun 2022

Berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian RI No. 1 Tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Badan Standarisasi dan Kebijakan Jasa Industri, maka Balai Besar Kerajinan dan Batik direorganisasi menjadi  Balai Besar Standarisasi dan Pelayanan Jasa Industri Kerajinan dan Batik yang selanjutnya tetap disebut sebagai Balai Besar Kerajinan dan Batik.

Berikut adalah Nama Kepala Kantor dari waktu ke waktu

Sejarah Ka BBKB 1Sejarah Ka BBKB 2

Sejarah Ka BBKB 3

Bagikan di Media Sosial Anda