Sistem, Mekanisme dan Prosedur Layanan
1. Sistem, Mekanisme dan Prosedur Layanan Pelatihan Teknis
2. Pengguna jasa Mengajukan permohonan permintaan pelatihan secara online maupun surat kepada KA.BBKB dan diterima oleh UPP
3. Petugas UPP (Pelayanan Pengguna Jasa) Memeriksa surat permohonan, jadwal pelatihan dan menuangkan dalam fomulir tindak lanjut permohonan layanan dan menyampaikan kepada Kasi Pemasaran
4. Kasi Pemasaran Menelaah permohonan layanan, memberikan catatan dan menugaskan Petugas UPP untuk menindaklanjuti kepada Kasi Pelatihan
5. Kasi  Pelatihan Memproses permohonan dan menyampaikan memo dinas jawaban ke UPP
6. Petugas UPP (Pelayanan Pengguna Jasa) Menyiapkan surat jawaban  dan diserahkan kepada Bendahara penerimaan
7. Bendahara penerimaan membuat Bukti Pembuatan Tagihan PNBP (e billing) dan menyerahkan ke UPP
8. Petugas UPP menyerahkan surat balasan dan Bukti Pembuatan Tagihan PNBP (e billing) ke pengguna jasa
9. Pengguna jasa membayar Bukti Pembuatan Tagihan PNBP (e-billing) melalui teller Bank, EDC PNBP BBKB
10. Petugas UPP (Kasir) melakukan konfirmasi pembayaran dan menginformasikan kepada Kasi Pelatihan
11. Kasi  Pelatihan Menugaskan instruktur untuk memberikan pelatihan teknis, persiapan bahan dan seremonial, memantau pelaksanaan serta membuat laporan
12. Pengguna jasa Menerima pelatihan dan sertifikat
Persyaratan
  Kelengkapan administrasi, meliputi :
  a. Surat permintaan/permohonan pelatihan/workshop/pengiriman instruktur yang memuat informasi tentang: waktu dan lokasi, jenis pelatihan, bahan dan alat yang digunakan (khusus pengiriman instruktur) dan jumlah peserta.
  b. Pembayaran sesuai tarif/biaya yang telah ditetapkan
Jangka Waktu Penyelesaian
a. Pelayanan Pelatihan/pengiriman instruktur maksimal 5 hari kerja dan workshop maksimal 4 jam
b. Jangka waktu penyelesaian balasan surat maksimal 5 (lima) hari kerja
Biaya dan Tarif
  Sesuai dengan PP Nomor 47 Tahun 2011 tentang Jenis dan tarif atas jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Kementerian Perindustrian atau sesuai dengan SPK (Surat Perintah Kerja) yang telah disepakati
Definisi
1. Pelatihan Teknis adalah proses pendidikan jangka pendek yang menggunakan prosedur yang sistematis dan terorganisir guna menyampaikan informasi dan pengetahuan dalam hal teknis
2. Workshop adalah proses pendidikan singkat (1 hari) yang menggunakan prosedur yang sistematis dan terorganisir guna menyampaikan informasi dan pengetahuan dalam hal teknis
3. Instruktur adalah orang yang bertugas mengajarkan sesuatu dan sekaligus memberikan latihan dan bimbingannya
4. Ruang lingkup pelatihan teknis dan workshop, meliputi:
  a. Pelatihan Batik Tulis dan Cap Zat Warna Alam
  b. Pelatihan Batik Tulis dan Cap Zat Warna Sintetis
  c. Pelatihan Sashiko dan Smock
  d. Pelatihan Tritik, Sasirangan, Jumputan
  e. Pelatihan Tenun ATBM
  f. Pelatihan Perak Manual (minimal 5 orang)
  g. Pelatihan Perak dengan Casting (minimal 5 orang)
  h. Pelatihan Electroplating (minimal 5 orang)
  i. Pelatihan Kerajinan SANT : agel, pandan, anyaman bambu,pelepah pisang, rotan,  enceng gondok,purun, dan mendong
  j. Pelatihan Mebel Kayu/bamboo/rotan (minimal 5 orang)
  k. Pelatihan Ukir Kayu (minimal 5 orang)
  l. Pelatihan Kerajinan Tempurung Kelapa
  m. Pelatihan Kerajinan Kerang jenis Simping
  n. Pelatihan Kerajinan Kertas Seni
  o. Pelatihan Kerajinan Bunga Kering
  p. Pelatihan Kerajinan Kaca Patri
  q. Pelatihan Produk Busana Jadi
  r. Pelatihan Ringkel
  s. dan Pelatihan lain sesuai dengan kontrak yang disepakati
  t. Pengiriman Instruktur (1 instruktur menangani maksimal 10 orang peserta)
  u. Workshop
Pengendalian Ketidaksesuaian
  Pengendalian produk tidak sesuai untuk layanan yang dilakukan oleh lembaga terakreditasi (layanan pengujian, kalibrasi, dan sertifikasi) mengacu pada dokumen lembaga tersebut. Untuk layanan lainnya, pengendalian produk tidak sesuai dikendalikan oleh petugas kontrol kualitas (QC) dari UPP yaitu Kepala UPP BBKB dan atau Sekretaris UPP. 

Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) membuka kesempatan bagi  yang ingin mengembangkan kompetensi di bidang batik dan kerajinan melalui program pelatihan reguler sepanjang Tahun 2019. Pelatihan ini semuanya dilaksanakan di BBKB Yogyakarta dan sudah termasuk peralatan dan bahan (kecuali akomodasi, transportasi dan konsumsi).
Program ini efektif saat jumlah peserta minimal 5 orang. Untuk mendaftar caranya mudah, cukup klik https://bbkb.kemenperin.go.id/apolo/pelatihan atau hubungi 082-223-799-288 (bisa via WA atau Telepon). Selain pelatihan reguler seperti gambar dibawah, kami juga melayani pelatihan sesuai dengan permintaan. 
Bisa juga mengirim instruktur di luar daerah (Satu (1) orang instruktur mengajar untuk maksimal 10 orang per hari, tidak termasuk alat dan bahan, transportasi, akomodasi dan konsumsi ke/di tempat pelatihan).

Berikut Jadwal Pelatihan Reguler BBKB Tahun 2020
Jadwal

Berikut Tarif Pelatihan di BBKB

Tarif Pelatihan

 

Peta 1

PetaAlur Pelatihan

 

Standar Pelayanan dan Alur Proses Layanan Pelatihan Teknis dapat dilihat pada lampiran di bawah ini.

 

 

Download

Bagikan di Media Sosial Anda