Pada hari Jum’at 18 Maret 2016 di Ruang Aula, BBKB Yogyakarta telah dilaksanakan acara pisah sambut Kepala Balai Besar Kerajinan dan Batik. Acara ini untuk melepas pejabat yang lama yaitu Ibu Dra. Zulmalizar, MM sekarang sebagai pejabat Sekretaris Inspektorat Jenderal dan menyambut Kepala BBKB yang baru  Bapak Ir. Isananto Winursito, M.Eng, Ph.D. yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Balai Riset dan Standardisasi Manado. Dalam acara tersebut dihadiri seluruh pegawai BBKB, baik pejabat struktural, fungsional dan umum yang berjumlah 150 orang. Selain itu ada perwakilan dari berbagai stakeholder, antara lain : Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik, Kepala Sekolah SMTI, Balai Diklat Industri D.I. Yogyakarta, perwakilan dari Baristand Manado, Politeknik ATK, Paguyuban Sekarjagad, Dekranasda DIY, dan Kejaksanaan Negeri Yogyakarta.

            Acara pisah sambut ini  diawali dengan do’a dan dilanjutkan dengan sambutan dari pegawai BBKB yang diwakili oleh Bapak Heri Pramono. Pada awal sambutannya menceritakan pengalaman bagaimana perubahan BBKB setelah dipegang oleh Ibu. Zulmalizar selaku kepala BBKB (red : pejabat lama). Dalam kepemimpinannya BBKB mampu naik ke perangkat 9 dalam penilaian kinerja. Hal ini dikarenakan cara-cara yang diterapkan terbukti efektif dalam meningkatkan kerjasama antar pegawai BBKB dengan slogan-slogan yang membentuk karakter para pegawai. Pada akhir sambutan Bapak Heri juga menyampaikan  permohonan maaf atas semua kesalahan yang dilakukan oleh seluruh pegawai BBKB baik itu disengaja maupun tidak disengaja dan semoga tali silaturahmi tetap terjaga. Disamping itu pada kesempatan yang sama Bapak Heri juga menyampaikan ucapan selamat datang kepada  Bapak Ir. Isananto Winursito M. Eng, Ph.D.  Kepala BBKB yang baru.  

            Pada kesempatan tersebut  Baristand Manado juga mengirimkan perwakilan yang dipimpin Kepala Sub Bagian Tata Usaha yakni Ibu Meike Susana Yeanne Lumingkewas. Dalam sambutannya mengatakan bahwa awal mula Bapak Isananto bekerja di Manado hingga keinginan Bapak Isananto untuk pulang kampung ke Jogja. Ibu Meiske juga menyampaikan betapa ramahnya Bapak Isananto dan bagaimana beliau mampu momong pegawainya, membuat mereka menganggap Bapak Isananto sudah seperti seorang ayah.

            Disamping itu dalam sambutannya mantan Kepala BBKB Ibu. Zulmalizar tampak terlihat sangat terharu atas acara perpisahannya dengan dengan BBKB. Beliau sangat berharap masih bisa bekerja di BBKB lebih lama lagi. Dalam kisahnya Ibu Zulmalizar bercerita tentang awal beliau bekerja di BBKB sangat bahagai atas sambutan hangat pihak BBKB, Sekarjaad, dan para Pengrajin ketika awal beliau menduduki posisi kepala. Selanjutnya beliau juga optimis terhadap kepala yang baru mampu membawa BBKB lebih maju lagi.

            Kepala BBKB yang baru Bapak Isananto dalam sambutannya mengatakan  betapa senangnya bisa bekerja di BBKB Yogyakarta. Beliau juga menyampaikan jika sebenarnya definisi batik itu sangatlah rumit dan belum bisa memahami batik sepenuhnya. Hal ini karena pekerjaan yang digeluti sama sekali tidak berhubungan dengan batik. Untuk itu beliau akan mempelajari lebih lanjut dan berharap sinergitas seluruh pegawai  dalam melaksanakan pekerjaan. Pada akhir acara Bapak Isananto didampingi seluruh pejabat Eselon III BBKB memberikan kenang-kenangan kepada Ibu Zulmalizar sebagai tanda tali asih.

Share

  • Share on Facebook
  • Share on Twitter