517

Berbagai upaya dilakukan  Mr. Kuroda dan Ibu Fitri Kuroda untuk meningkatkan kualitas dan aplikasi kain bemberg. Salah satu dengan mengunjungi  Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) Yogyakarta yang merupakan lembaga riset di bawah Badan Litbang Industri Kementerian Perindustrian. Kunjungan Mr. Kuroda dan Ibu Fitri dilakukan pada hari Senin, 19 Februari 2018 bertujuan  menjalin kerjasama riset dalam rangka peningkatan kualitas, aplikasi dan pemasaran Kain Bemberg. Kain ini diinisiasi akan digunakan sebagai pengganti sutera yang harganya semakin mahal.

Kedatangan mitra kerjasama riset dari Universitas Tokyo, dan kepercayaan dari kedutaan Jepang dalam melakukan kerjasama dengan pemerintah Indonesia, khususnya Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mengenalkan kain bemberg sebagai  bahan baku kain tradisional Indonesia (batik, jumputan, dll). Kain bemberg ini sudah diperkenalkan kepada IKM dan desainer batik di Yogyakarta. Untuk itu aplikasi kain bemberg pada batik membutuhkan pengujian kualitas pewarnaan pada kainnya. BBKB sebagai lembaga litbang yang dilengkapi beberapa laboratorium salah satunya Lab Uji Kain telah lama dan berpengalaman dalam melakukan uji kualitas kain. 

Dalam pertemuan yang sama telah disepakati bahwa Lobotarorium Uji dan Kalibrasi (LUK) BBKB sebagai lembaga uji untuk kain bemberg yang dibatik/ringkel. Selain itu penerapan ringkel pada kain bemberg dan untuk pembuatan yukata set seperti : sandal, payung, kipas, obi dan sebagainya serta pakaian tradisional Jepang.

Kegiatan seperti tersebut diatas bagi BBKB dapat mendukung Pusat Unggulan Iptek (PUI) program dari Kementerian Ristek khususnya program hilirisasi produk unggulan dan pemasaran, BBKB telah mengusulkan dua proposal yaitu, Batik latar ringkel untuk pakaian tradisional Jepang dan Batik Kayu untuk Kokeshi, Geta dan Zori. Sehingga ibarat bak gayung bersambut dalam pertemuan tersebut juga disepakati bahwa BBKB akan menjadi salah satu pendukung acara Pameran Inacraft yang rencananya akan dihelat pada bulan April 2018 dan Pameran memperingati 60 tahun hubungan Indonesia – Jepang di Kedubes Indonesia di Jepang.

Share

  • Share on Facebook
  • Share on Twitter