WEB_BANNER_SNIKB_(1)


Seminar Nasional Industri Kerajinan dan Batik Tahun 2022 (SNIKB 2022) merupakan seminar keempat yang telah diselenggarakan sejak tahun 2019. Penyelenggaraannya akan dilaksanakan secara virtual sebagaimana tahun lalu.  SNIKB adalah wadah bagi masyarakat, kaum profesional dan golongan akademisi untuk berkomunikasi, berbagi wacana, berbagi temuan-temuan baru di bidang kerajinan dan batik, dalam rangka peningkatan daya saing industri dan menjaga tradisi.

Pada tahun ini, SNIKB mengambil tema “Kearifan Lokal untuk Menunjang Pemulihan Industri Kerajinan dan Batik Pasca Pandemi”. harapannya, seiring dengan kondisi Pasca Pandemi yang semakin baik, maka para pemangku kepentingan dapat berkontribusi dalam menunjang pemulihan industri, khususnya di bidang kerajinan dan batik.

Dengan harapan penuh, kami mengundang seluruh pejabat fungsional, profesional atau akademisi untuk menyumbangkan paparan gagasan dalam bentuk artikel ilmiah sesuai bidang keahlian atau bidang profesi masing-masing, yang disesuaikan dengan ruang lingkup SNIKB. SNIKB merupakan ajang pertemuan dengan individu-individu luar biasa yang sama-sama memberikan perhatian pada bidang ini. Makalah para kontributor disajikan melalui presentasi lisan (oral presentation) dalam acara Seminar Nasional Industri Kerajinan dan Batik. Sebagaimana tahun lalu, presentasi lisan akan dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom. Selanjutnya, artikel lengkap akan diterbitkan dalam prosiding ber-ISSN pada Bulan Desember 2022 (https://proceeding.batik.go.id).

Ruang lingkup SNIKB

(1) Inovasi Bahan Baku Kerajinan dan Batik;

(2) Pemanfaatan SDA Kerajinan dan Batik;

(3) Teknologi Proses Kerajinan dan Batik;

(4) Pemanfaatan TIK dalam industri Kerajinan dan Batik;

(5) Standardisasi Mutu Kerajinan dan Batik;

(6) Perekayasaan teknologi Kerajinan dan Batik;

(7) Penanganan limbah industri Kerajinan dan Batik;

(8) Penciptaan  dan pengkajian Kerajinan dan Batik;

(9) Penerapan metode tertentu untuk pengembangan Kerajinan dan Batik;

(10) Tema lain yang relevan

Untuk pendaftaran bisa mengunjungi: s.id/SNIKB2022

 

Bagikan di Media Sosial Anda