Hari Kamis pagi sekitar jam 08.00 tanggal 16 Januari 2014, Balai Besar Kerajinan dan Batik kedatangan kunjungan peserta workshop sebanyak 230 siswa ke VIII SMP Negeri I Bungah Gresik. Peserta workshop didampingi langsung oleh Kepala Sekolah Bapak Muhammad Tajuddin Nur, Spd beserta beberapa guru. Workshop ini diadakan agar para siswa mau mempelajari cara membatik.

Rombongan peserta workshop diterima langsung oleh Bapak Aan Eddy Antana  sebagai Kepala Seksi Pemasaran didampingi oleh Bapak Heribertus Sukamto sebagai staff Seksi Pemasaran. Setelah masing-masing pihak selesai memberikan kata sambutan, peserta latihan workshop langsung dibagi menjadi 2 kelompok besar yang kemudian masing-masing kelompok besar tadi dibagi lagi menjadi 14 kelompok kecil yang terdiri dari 8 peserta, sehingga total keseluruhan kelompok ada 28 kelompok.

Sebelum peserta mengerjakan proses batik, peserta diberikan pengenalan tentang apa itu Balai Besar Kerajinan dan Batik, kedudukan dan fungsinya bagi masyarakat, pengenalan mendasar mengenai apa itu batik dan teori singkat mengenai proses pembuatan batik. Peserta mengikuti proses pembatikan mulai dari menggambar pola, pencantingan, pewarnaan, hingga nglorod dan pengeringan dengan didampingi oleh instruktur yang telah berpengalaman dari Balai Besar Kerajinan dan Batik. Seluruh siswa mengikuti setiap proses dengan antusias, tidak hanya siswa saja yang antusias, guru pendampingpun mengikuti proses demi proses yang dikerjakan anak didik dengan mengambil gambar baik melalui kamera handphone maupun kamera pocket.

 

Workshop berjalan kurang lebih sekitar 3,5 jam. Dilalui dengan semangat meski cuaca saat itu sedang hujan. Setelah semua tahapan selesai dikerjakan, peserta berfoto bersama sambil menunjukkan hasil karya masing-masing. Diharapkan dengan adanya kegiatan workshop ini maksud awal pihak sekolah agar para siswa mempelajari cara dasar membatik dapat terpenuhi. Semoga kegiatan ini bisa dijadikan agenda tahunan bagi SMP Negeri I Bungah, Gresik Jawa Timur

 

Share

  • Share on Facebook
  • Share on Twitter