Sistem, Mekanisme dan Prosedur Layanan
1. Pengguna jasa Datang langsung dan mengisi buku tamu
2. Petugas UPP (Pelayanan Pengguna Jasa) Menanyakan maksud kedatangan dan menyampaikan kepada Kasi Pemasaran
3. Kasi Pemasaran Menugaskan Petugas UPP untuk menindaklanjuti kepada Kasi Konsultansi
4. Kasi Konsultansi Mencermati permintaan dan memberikan kesanggupan layanan konsultansi
5. Pengguna jasa Menerima konsultansi
Persyaratan
  Kelengkapan administrasi, meliputi :
a. Surat permintaan/permohonan konsultansi teknis  
b. Mengisi form konsultansi teknis, khusus bagi pengguna jasa yang datang langsung ke BBKB
c. Pembayaran sesuai Tarif/Biaya yang ditetapkan bagi layanan bertarif, seperti penyusunan dokumen ISO
Jangka Waktu Penyelesaian
  Konsultansi secara langsung diselesaikan selama 1 hari kerja atau sesuai dengan kesepakatan dengan pengguna jasa 
Biaya dan Tarif
  Konsultansi langsung bebas biaya, untuk konsultansi bertarif, mengacu pada PP Nomor 47 Tahun 2011 tentang Jenis dan tarif atas jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Kementerian Perindustrian atau sesuai dengan SPK (Surat Perintah Kerja) yang telah disepakati
Definisi
  Konsultansi Teknis adalah kegiatan pertukaran pikiran berkaitan dengan hal teknis untuk mendapatkan kesimpulan (nasihat, saran, dan sebagainya) yang sebaik-baiknya.
Pengendalian Ketidaksesuaian
  Pengendalian produk tidak sesuai untuk layanan yang dilakukan oleh lembaga terakreditasi (layanan pengujian, kalibrasi, dan sertifikasi) mengacu pada dokumen lembaga tersebut. Untuk layanan lainnya, pengendalian produk tidak sesuai dikendalikan oleh petugas kontrol kualitas (QC) dari UPP yaitu Kepala UPP BBKB dan atau Sekretaris UPP. 

 

Seksi Konsultansi Balai Besar Kerajinan dan Batik atau yang biasa disebut BBKB mempunyai tugas memberikan pelayanan konsultansi kepada masyarakat industri kerajinan dan batik, baik itu berkaitan dengan:

1.       Permasalahan teknis kerajinan dan batik

2.       Hak Kekayaan Intelektual (HKI)

3.       Sistem Manajemen Mutu ISO 9001.

Kegiatan pelayanan konsultansi  pada tahun 2018 sebanyak 122 layanan konsultasi baik itu dari instansi pemerintah, pelaku usaha, maupun mahasiswa yang apabila dilihat dari keperluan konsultasi maka sebanyak 109 kunjungan  adalah konsultasi masalah teknis, sebanyak 11 kunjungan adalah konsultasi masalah HKI dan 2 adalah konsultasi masalah ISO.

Grafik 1

Jumlah layanan konsultasi Balai Besar Kerajinan dan Batik pada tahun  2018 tercatat paling banyak dilakukan pada bulan Agustus 2018 sebanyak 16 layanan konsultasi seperti terlihat pada grafik berikut:

Grafik 2

Standar Pelayanan dan Alur Proses Layanan Konsultansi dapat dilihat pada lampiran di bawah ini.

Alur 

Download

Share

  • Share on Facebook
  • Share on Twitter