Jumlah Data : 7026
No | Judul | Abstrak | Pengarang | Penerbit | Tahun | Subyek |
---|---|---|---|---|---|---|
511 | Kina Karya Indonesia :Media Ekuitas Produk Indonesia Kode Panggil: 05 Bir k 21 Okt2018 c2 |
Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Perindustrian | 2018 | Tenun Nusantara | ||
512 | Kina Karya Indonesia :Media Ekuitas Produk Indonesia Kode Panggil: 677.(05) Bir k 2017 c.2 |
Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Perindustrian | 2017 | Tenun Nusantara | ||
513 | Budaya Batik Dermayon Kode Panggil: 75.03 pra b c.1 |
Batik merupakan karya kriya, yang terdapat unsur motif hias berwujud bentuk, garis, dan warna dalam satu komposisi rupa serta mengandung makna simbolis dan nilai filosofis. Batik yang berkembang di masyarakat pedalaman berbeda dengan yang di pesisiran. Perbedaan ini juga menggambarkan simbol strata sosial dan budaya. Salah satu batik pesisiran yang berkembang di sekitar pantai Utara pulu Jawa adalah Batik Dermayon. Batik Dermayon ini dikembangkan oleh perempuan pesisiran Indramayu. Motif batik ini berkembang dari waktu ke waktu karena ada perkembangan budaya yang berpengaruh terhadap pengembangan estetik dan teknik. Saat ini ada sekitar 143 motif batik yang dikenal dengan batik Dermayon. Pengaruh Demak, Lasem, dan Jepara terhadap batik Dermayon tampak pada beberapa motif yang mirip dengan motif pesisiran Jawa Tengah. Hal ini diperkuat oleh keterangan salah seorang pekriya, yang menyatakan bahwa di Indramayu terdapat keturunan etnis Jawa Tengah. Bagaimana peran perempuan Indramayu dalam membangkitkan batik Dermayon? Dari mana asal muasal budaya pesisiran Indramayu? Apa saja alat dan bahan yang digunakan pekriya dalam membuat batik Dermayon? Kemudian, apa makna dari berbagai motif Batik Dermayon? Semua pertanyaan itu dapat terjawab jika kita membaca buku “Budaya Batik Dermayon” ini secara utuh. Karena itu, sebagai pecinta budaya, penikmat seni, ataupun penggemar buku-buku yang berkarakter etnis, sangat cocok memiliki buku ini. Para mahasiswa Seni Rupa dan Seni Budaya pun disarankan memiliki buku “Budaya Batik Dermayon” ini, sebagai sumber referensi ataupun koleksi buku ini. | Nanang Ganda Prawira | PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera | 2018 | Batik |
514 | Percikan Pemikiran di Bidang Kepustakawanan Kode Panggil: 023 Sal p |
Berbagai pemikiran tentang perpustakaan dan kepustakawanan dibahas di buku ini. Buku ini dibagi beberapa bagian atau topik bahasan seperti: Perpustakaan secara umum; Perpustakaan Nasional; Perpustakaan Perguruan Tinggi; Perpustakaan Institut Pertanian Bogor (sebagai perpustakaan tempat penulis bekerja); Pustakawan; Minat baca dan tulis; Ikatan Pustakawan Indonesia; dan lain-lain. | Abdul Rahman Saleh | C.V. Sagung Seto | 2011 | kepustakawanan |
515 | Aneka Kerajinan Tapas Kelapa Kode Panggil: 745 Sup a |
Buku Aneka Kerajinan Tapas Kelapa merupakan buku petunjuk keterampilan yang disusun sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia. Selama ini,tapas kelapa dianggap sebagai bahan yang tidak bernilai ekonomis,dan oleh masyarakat hanya digunakan sebagai bahan bakar namun dengan kreativitas dan ketekunan yang tinggi bahan tersebut dapat diolah menjadi barang yang memiliki nilai ekonomi dan nilai seni tinggi..Buku ini menerapkan secara rinci cara memilih dan menentukan bahan serta cara pembuatan aneka kerajinan dari tapas. Penulis berharap buku ini dapat membantu mengembangkan materi keterampilan siswa sekolah maupun para remaja selain itu,semoga bermanfaat bagi pencinta keterampilan olah tangan dan seni. | Suprihatin - Sutrismiyati | Mitra Gama Widya | 2006 | Kerajinan tapas |
516 | Kerajinan Lidi & Batok Kelapa Kode Panggil: 745 Kal k |
Norbertus Kaleka dan Edi Hartono | ARCITA | 2013 | Kerajinan batok | |
517 | Kain Batik Ibu Kode Panggil: 8-32 Par k |
Sehimpun kisah dalam buku ini diangkat dari cerpen-cerpen terpilih dalam sayembara menulis cerita pendek dengan tema asuransi yang diselenggarakan oleh AJB Bumiputera 1912. Menghubungkaitkan antara sastra dan asuransi, sekilas-pintas mungkin terasa membingungkan, seolah-olah sastra dan asuransi seperti dua garis lurus yang tidak mungkin memiliki titik singgung. Padahal, bila sastra dipahami sebagai salah satu wahana untuk mengekspresikan pengalaman atau pemikiran tertentu, maka sastra menjadi universal sebagai medium penyampai pesan, tak terkecuali dunia asuransi yang memang belum terlalu jamak dalam keseharian kita. Maka bermacam-ragam kisah dan riwayat, berikut dengan upaya-upaya eksperimental yang disuguhkan oleh para cerpenis dalam buku ini, diharapkan pembaca dapat memperoleh informasi dan edukasi tentang asuransi secara lebih baik, dan dengan cara-cara yang lebih menyenangkan. | Dirman Pardosi | Penerbit KOEKOESAN dengan AJB Bumiputera | 2010 | short Story |
518 | Penuntun Pewarna Alam Soga Batik Kode Panggil: 667.211 Nur p |
Salah satu proses pengerjaan dalam pebuatan batik adalah proses menyoga atau proses pewarnaan akhir pada batik gaya Yogyakarta dan Solo, yaitu pemberian warna coklat. Dalam buku ini diuraikan hasil penelitian penggunaan zat warna dari limbah pasahan kayu Nangka sebagai pemberi warna soga atau coklat. Zat warna dari limbah pasahan kayu Nangka termasuk jenis soga garam atau bangkitan. Larutan celup hasil ektraksi dari limbah pasahan kayu Nangka mempunyai pH yang sesuai dengan warna soga batik berkisar antara 6-6,5. Hasil celupan dengan dari limbah pasahan kayu Nagka setelah dibangkitkan dengan garam Diazonium membentuk pigmen yang tidak larut dalam air. Hasil pencelupan mempunyai ketahanan luntur warna yang cukup baik, sesuai dengan standar ketahanan luntur warna untuk kain batik. | R. Jati Nurcahyo | Deep Publish | 2017 | Batik |
519 | Trusmi Desa Batik Cirebon Kode Panggil: 75.02 pur t |
Buku ini merupakan salah satu hasil studi yang dipublikasikan dari Proyek Kerjasama Penelitian antara Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia (PSJ UI) dan ISS (Institute of Social Science) dan IOC (Institute of Oriental Culture) Universitas Tokyo. Sebuah tim yang beranggotakan para peneliti dari kedua Universitas, melakukan riset mendalam selama 3 tahun (2001-2004) untuk mengungkapkan secara analitis bagaimana lingkungan sosial dan ekonomi berperan untuk mempertahankan produksi kerajinan tangan di kedua negara. Dalam hal ini kerajinan tangan lebih dilihat sebagai komoditi dengan nilai-nilai tersendiri, yang dihasilkan dan dikonsumsi dalam konteks sosial dan ekonomi tertentu. Pada akhirnya dapat dikatakan buku ini telah berhasil memperlihatkan sebuah gambaran mengenai dunia kerajinan tangan yang berkembang pada masa ketika ekonomi korporasi dan produksi massal bertumbuh. Kerajinan tangan tidak dapat dilepaskan dari dinamika ekonomi pasar namun dengan tetap menyandang dan memuliakan nilai-nilai sosial dan budaya tertentu. | Semiarto Aji Purwanto - Teruo Sekimoto | Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia | 2005 | Batik |
520 | Profil dan Implementasi K3 pada Industri Kreatif Batik Tulis Madura Kode Panggil: 331.823 Agu p |
Batik adalah produk primadona unggulan pulau Madura. Sebagai komoditas unggulan daerah, menjadi tanggung jawab bersama untuk meningkatkan produktivitasnya agar tercapai target permintaan sebagaimana yang diharapkan oleh konsumen. Salah satu kendala terbesar pada peningkatan produktivitas batik ini adalah dari aspek peningkatan kinerja tenaga kerjanya. Parameter kinerja pekerja batik tulis Madura yang paling kritis adalah kinerja keselamatan dan kesehatan kerjanya. Buku ini merupakan hasil Penelitian Hibah Bersaing (Tahun Pertama dan Tahun ke Dua) yang bertujuan untuk mendesain model intervensi ergonomi untuk meningkatkan kinerja K3 pada pekerja batik tulis yang dirancang berdasarkan intervensi ergonomi berbasis partisipatori. Hasil model intervensi K3 berbentuk intervensi pertama yaitu variabel pengetahuan/pengalaman dan penangananan limbah, intervensi kedua berupa variabel pengawasan dan alat pelindung diri, intervensi ketiga berupa kondisi lingkungan kerja. | Fitri Agustina - Nachnul Ansori | Deep Publish | 2016 | Batik |