Jumlah Data : 7072
No | Judul | Abstrak | Pengarang | Penerbit | Tahun | Subyek |
---|---|---|---|---|---|---|
341 | Ulap Doyo Tenun Tradisional Dayak Benuaq Kode Panggil: 677.024 Mar u |
Buku yang membahas sejarah dan perkembangan tenun, peralatan dan bahan pembuatan alat tenun ini merupakan salah satu kegiatan inventarisasi aspek-aspek tradisi yang berkaitan dengan kain tradisonal di Indonesia. Menguraikan proses menenun dengan uraian tentang bahan baku, proses pengolahan serat doyo, pemintalan dan menenun. Sebagai penutup dibahas mengenai ragam hias tenun, jenis dan fungsi tenun serta nilai-nilai dalam tenun. | Wilis Maryanto | Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata | 2012 | |
342 | Nilai Estetik dalam Batik Girilayu Kode Panggil: 75.02 Nur n c.2 |
Pandangan hidup adalah pedoman yang mampu menuntun dan menunjukkan arah untuk bersikap sebagai makhluk beradab dalam hidup bermasyarakat. Aksi dan sikap masyarakat merupakan refleksi dari keyakinan dan pandangan hidup masyarakat yang dianut. Tri Dharma yang diajarkan oleh pangeran Sambernyawa atau KGPAA Mangkunegara I pada leluhur pembatik Girilayu telah dipahami dengan baik dan berlanjut hingga kini. Ajaran Tri Dharma atau yang dapat diartikan sebagai tiga aturan kebenaran tumbuh menjadi kearifan lokal masyarakat Girilayu dalam menjaga tradisi batik. Akumulasi nilai, nama, dan pranata sosial dalam menjaga keseimbangan antara diri, masyarakat, serta alam; mewujudkan harmoni estetik pada motif-motif batik. | Desy Nurcahyanti | UNS Press | 2019 | Batik |
343 | Nilai Estetik dalam Batik Girilayu Kode Panggil: 75.02 Nur n c.1 |
Pandangan hidup adalah pedoman yang mampu menuntun dan menunjukkan arah untuk bersikap sebagai makhluk beradab dalam hidup bermasyarakat. Aksi dan sikap masyarakat merupakan refleksi dari keyakinan dan pandangan hidup masyarakat yang dianut. Tri Dharma yang diajarkan oleh pangeran Sambernyawa atau KGPAA Mangkunegara I pada leluhur pembatik Girilayu telah dipahami dengan baik dan berlanjut hingga kini. Ajaran Tri Dharma atau yang dapat diartikan sebagai tiga aturan kebenaran tumbuh menjadi kearifan lokal masyarakat Girilayu dalam menjaga tradisi batik. Akumulasi nilai, nama, dan pranata sosial dalam menjaga keseimbangan antara diri, masyarakat, serta alam; mewujudkan harmoni estetik pada motif-motif batik. | Desy Nurcahyanti | UNS Press | 2019 | Batik |
344 | Kain Tenun Tradisionil Nusa Tenggara Kode Panggil: 677.024 Kar k |
Dalam rangka kegiatan Proyek Rehabilitasi dan Perluasan Museum Pusat Jakarta, dilakukan usaha rehabilitasi kegiatan-kegiatan di bidang penelitian dan penerbitan Museum Pusat. Koleksi hasil tenun dari Nusa Tenggara merupakan bagian yang disimpan dan dirawat di Museum Pusat. Oleh karenanya diterbitkan buku yang menguraikan proses, teknik, dan ragam hias tenun Nusa Tenggara ini. | Suwati Kartika | Departeman Pendidikan dan Kebudayaan | 1973 | Tenun |
345 | Natural Dyes (Pewarnaan Alam) Kode Panggil: 667.27 Kem n |
Buku ini merupakan kolaborasi antara Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dengan Medi Sihombing. Merdi Sihombing adalah seorang yang menggeluti tenun dan pewarna alami. Ditulis untuk merekam jejak berbagai kegiatan community development di berbagai daerah tertinggal dan terluar Indonesia lewat kekayaan tenun Nusantara yang unik sekaligus merupakan keunggulan lokal. Buku ini juga mendokumentasikan proses pewarnaan alami | Kementerian Desa PDTT | 0000 | Zat Warna Alam | |
346 | Persembahan Batik Indonesia untuk ASEAN Kode Panggil: 75.02 Kem p |
Adanya keinginan agar kerjasama ASEAN bisa dirasakan oleh masyarakat luas dan sejalan dengan upaya menjadikan ASEAN sebagai asosiasi yang people-centerd, maka Direktorat Kerja Sama ASEAN menyelenggarakan lomba desain batik bernuansa ASEAN. Lomba ini diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke 48 ASEAN tahun 2015 dan mendapat sambutan positif. Panitia penyelenggara telah menerima 112 desain dari 86 peserta, yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, antara lain Langkat, Sumatera Utara; Bantul, Yogyakarta; Mataram, Lombok; Pare-pare, SulawesiSelatan; dan Tabalong, Kalimantan Selatan. Latar belakang peserta juga beragam, mulai dari kalangan pelajar/mahasiswa, wiraswasta, hingga perajin batik. Penjurian dilaksanakan tanggal 8 Juli 2015 oleh sebuah panel yang terdiri dari Ketua Himpunan Wastraprema/Himpunan Pecinta Kain Adat Indonesia, Neneng Iskandar, Asisten Kurator Museum Tekstil Jakarta, Benny Gratha, dan Sesditjen Kerjasama ASEAN, Iwan Suyudhie Amri. Penilaian karya berdasarkan orisinalitas, kreativitas, perpaduan motif dan warna, keserasian dan kesatuan motifnya. | Kementerian Luar Negeri | 2016 | Batik | |
347 | Panduan Pendirian Usaha Kriya Batik Kode Panggil: 75.02 Mul p |
Penyusunan buku ini merupakan kerjasama Badan Ekonomi Kreatif dan Universitas Sebelas Maret. Buku prosedur ini disusun sebagi upaya menyediakan informasi yang dapat digunakan sebagai pedoman dalam pendirian dan pengelolaan usaha kriya batik. Penyusunan buku berdasarkan hasil studi dokumen, Focus Group Discusssion (FGD) yang melibatkan pakar, pelaku bisnis, serta dinas-dinas yang terkait dalam pengembangan usaha bidang ekonomi kreatif sektor kriya batik di beberapa wilayah Indonesia | Bekraf | 2016 | Batik | |
348 | Batik Indonesia Kode Panggil: 75.02 Nat b |
Merupakan buku yang sangat enak dibaca, dibuat sederhana dalam dua bahasa, ringkas, dan mudah dimengerti. Diawali dengan uraian mengenai Batik Indonesia, yang kemudian dilanjutkan dengan penjelasan mengenai Batik dan Bukan Batik. Diuraikan juga mengenai proses membuat batik baik batik tulis maupun batik cap dan pewarnaan alami ataupun sintetis. Bunga Rampai Ragam Hias Batik dan kiat-kiat Mencuci dan Menyimpan Batik juga disertakan dalam buku ini. Sebagai penutup diinformasikan tentang Yayasan Batik Indonesia. | E A Natanegara | Yayasan Batik Indonesia | 2019 | Batik |
349 | Warta BBKB:Media Informasi &Promosi Balai Besar Kerajinan dan Batik Kode Panggil: 05 Bal w 2019 c.2 |
Balai Besar Kerajinan dan Batik | 2019 | |||
350 | Warta BBKB:Media Informasi &Promosi Balai Besar Kerajinan dan Batik Kode Panggil: 05 Bal w 2019 c.1 |
Balai Besar Kerajinan dan Batik | 2019 | Batik dan Kerajinan |