SISTEM MEKANISME DAN PROSEDUR LAYANAN KALIBRASI

Kalibrasi di BBKB

1. Pengguna jasa Mengirim atau menyerahkan alat yg akan dikalibrasi ke petugas UPP  kemudian mengisi form permintaan kalibrasi

2. Petugas UPP (Pelayanan pengguna jasa) Memeriksa dan memproses alat yang akan dikalibrasi serta menyerahkan tanda terima kalibrasi ke pengguna jasa

3. Kasi  Kalibrasi Memeriksa fisik dan melakukan pengecekan alat yang akan dikalibrasi serta melakukan konfirmasi terkait alat yang bisa kalibrasi kepada petugas UPP

4. Petugas UPP memproses tanda terima kalibrasi,  dan menyerahkannya kepada Bendahara

5. Bendahara penerimaan membuat Bukti Pembuatan Tagihan PNBP (e billing) dan menyerahkan ke UPP

6. Petugas UPP menyerahkan surat balasan dan Bukti Pembuatan Tagihan PNBP (e billing) ke pengguna jasa

7. Pengguna jasa membayar Bukti Pembuatan Tagihan PNBP (e-billing)

8. Petugas UPP (Pelayanan pengguna jasa) Menginformasikan status pembayaran kepada Seksi Kalibrasi

9. Kasi  Kalibrasi Melakukan proses kalibrasi kemudian menyerahkan alat yang sudah  dikalibrasi beserta hasilnya ke petugas UPP

10. Petugas UPP (Pelayanan pengguna jasa) Mencetak pengantar sertifikat kalibrasi kemudian menyerahkan kepada Kasi Pemasaran

11. Kasi Pemasaran Memeriksa dan memaraf pengantar sertifikat kalibrasi kemudian menyerahkan kepada Kabid. Paskal

12. Kabid Paskal Memeriksa dan memaraf pengantar sertifikat kalibrasi kemudian menyerahkan kepada sekretaris

13. Sekretaris Menyerahkan sertifikat kalibrasi kepada Ka BBKB

14. Ka.BBKB Menandatangani pengantar sertifikat kalibrasi kemudian menyerahkan kembali kepada sekretaris untuk dikembalikan kepada Petugas UPP

15. Petugas UPP (Pelayanan pengguna jasa) Menyerahkan alat yang sudah dikalibrasi langsung ke pengguna jasa atau mengirim melalui kurir

16. Pengguna jasa Menerima alat, sertifikat dan menandatangani berita acara penyerahan alat yang sudah dikalibrasi

Kalibrasi di Luar BBKB

1. Pengguna jasa menyampaikan surat permohonan kalibrasi atau mengisi form permintaan kalibrasi bagi pengguna jasa yang datang langsung

2. Petugas UPP (Pelayanan pengguna jasa) memeriksa dan memproses permintaan kalibrasi serta menyampaikan kepada Seksi Kalibrasi untuk dilakukan penjadwalan

3. Kasi  Kalibrasi melakukan penjadwalan pelaksanaan kalibrasi kemudian menyampaikan kepada Petugas UPP

4. Petugas UPP (Pelayanan pengguna jasa) menginput permintaan kalibrasi serta jadwal pelaksanaan pada sistem informasi laboratorium dan mencetak surat perintah kalibrasi

5. Kasi  Kalibrasi melakukan pengecekan alat, melakukan proses kalibrasi di lokasi pengguna jasa dan melakukan konfirmasi alat yang dapat dikalibrasi kepada Petugas UPP

6. Petugas UPP memproses tanda terima kalibrasi,  dan menyerahkannya kepada Bendahara

7. Bendahara penerimaan membuat Bukti Pembuatan Tagihan PNBP (e billing) dan menyerahkan ke UPP

8. Petugas UPP menyerahkan surat balasan dan Bukti Pembuatan Tagihan PNBP (e billing) ke pengguna jasa

9. Pengguna jasa membayar Bukti Pembuatan Tagihan PNBP (e-billing)

10. Petugas UPP (Pelayanan pengguna jasa) menginformasikan status pembayaran kepada Seksi Kalibrasi

11. Kasi Kalibrasi menyelesaikan proses kalibrasi di Lab. BBKB kemudian menyerahkan alat yang sudah  dikalibrasi beserta hasilnya ke petugas UPP

12. Petugas UPP (Pelayanan pengguna jasa) mencetak pengantar sertifikat kalibrasi kemudian menyerahkan kepada Kasi Pemasaran

13. Kasi Pemasaran memeriksa dan memaraf pengantar sertifikat kalibrasi kemudian menyerahkan kepada Kabid. Paskal

14. Kabid Paskal memeriksa dan memaraf pengantar sertifikat kalibrasi kemudian menyerahkan kepada sekretaris

15. Sekretaris menyerahkan sertifikat kalibrasi kepada Ka BBKB

16. Ka.BBKB menandatangani pengantar sertifikat kalibrasi kemudian menyerahkan kembali kepada sekretaris untuk dikembalikan kepada Petugas UPP

17. Petugas UPP (Pelayanan pengguna jasa) menyerahkan alat yang sudah dikalibrasi langsung ke pengguna jasa atau mengirim melalui kurir

18. Pengguna jasa menerima alat, sertifikat dan menandatangani berita acara penyerahan alat yang sudah dikalibrasi

PERSYARATAN

Kelengkapan administrasi, meliputi :

a. Pengisian Formulir Permintaan Kalibrasi

b. Pembayaran sesuai Tarif/Biaya yang ditetapkan

Kelengkapan teknis, meliputi :

a. Alat yang di Kalibrasi

b. Kondisi peralatan berdasarkan pemeriksaan fisik alat kalibrasi

JANGKA WAKTU PENYELESAIAN

a. Waktu penyelesaian kalibrasi enclosure dan kalibrasi di luar BBKB selama 7 (tujuh) hari kerja (Maksimal 4 sertifikat kalibrasi yang terbit per hari)

b. Waktu penyelesaian Kalibrasi non-enclosure (volume, suhu dan massa) dan kalibrasi di BBKB, selama 7 (tujuh) hari kerja (Maksimal 6 sertifikat kalibrasi yang terbit per hari)

BIAYA DAN TARIF

Sesuai Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 tahun 2011 tentang Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Kementerian Perindustrian (Lampiran II.2)

Catatan: Biaya tersebut diatas belum termasuk transport dan akomodasi petugas kalibrasi ke lokasi apabila kalibrasi dilakukan diluar BBKB

DEFINISI

1. Petugas UPP adalah petugas unit pelayanan publik

2. Kalibrasi adalah  proses pengecekan dan pengaturan akurasi dari alat ukur dengan cara membandingkannya dengan standar/tolak ukur

3. ISO/IEC adalah International Organization for Standardization / International Electrotechnical Commission (IEC)

4. Ruang lingkup kalibrasi BBKB yaitu:

a. Temperatur

b. Instrumen Analitik

c. Massa

d. Volume

e. Tekanan

PENGENDALIAN KETIDAKSESUAIAN

Pengendalian produk tidak sesuai untuk layanan yang dilakukan oleh lembaga terakreditasi (layanan pengujian, kalibrasi, dan sertifikasi) mengacu pada dokumen lembaga tersebut. Untuk layanan lainnya, pengendalian produk tidak sesuai dikendalikan oleh petugas kontrol kualitas (QC) dari UPP yaitu Kepala UPP BBKB dan atau Sekretaris UPP.

PENANGANAN PENGADUAN, SARAN DAN MASUKAN

Sarana pengaduan meliputi:

PENGADUAN PENGUNJUNG DI LOKET PENDAFTARAN

SARANA PENGADUAN

PENCATATAN

TINDAKAN YANG DILAKUKAN

Kotak Saran

Formulir keluhan

Pengguna jasa menulis keluhan dan memasukkan ke kotak saran.

Ruang Pengaduan

Formulir keluhan

Pengguna jasa menulis keluhan di desk pengaduan.

Saran Kritik dalam kuesioner kepuasan pengguna jasa secara langsung atau via https://goo.gl/forms/xW0tDP4BZXx1oplH2

Kuesioner

Pengguna jasa menulis keluhan di ruang layanan atau secara online.

Pertanyaan masyarakat via Website BBKB https://bbkb.kemenperin.go.id/index.php/pengaduan/form

Kuesioner

Pengguna jasa menulis dalam formulir keluhan secara online.

Petugas pengelolaan pengaduan 0274-546111 Ext. 111 atau melalui 082223799288

Formulir keluhan

Pengguna jasa menyampaikan keluhan kepada petugas melalui telepon.

1. Pengaduan secara langsung akan dicatat dalam formulir keluhan oleh pengguna jasa.

2. Kotak saran dicek oleh Petugas UPP. Apabila ada pengaduan, selanjutnya dicatat dalam formulir keluhan oleh petugas.

3. Pengaduan melalui telepon atau secara online akan dicatat dalam formulir keluhan oleh petugas pelayanan pengaduan

4. Dari semua pengaduan yang masuk melalui berbagai sarana yang sudah direkam dalam formulir pengaduan, akan diperiksa oleh Petugas UPP, selanjutnya dilaporkan kepada Kasi terkait dengan diketahui oleh Kasi Pemasaran.

5. Kepala Seksi Terkait menelaah Pengaduan/Keluhan pengguna jasa dan mengambil tindakan perbaikan sesuai dengan Pengaduan/Keluhan pengguna jasa atau mengagendakan untuk perbaikan, kemudian menyampaikan kepada Petugas UPP

6. Petugas UPP merekam tindak lanjut pada formulir Tindak Lanjut Pengaduan/Keluhan dan melaporkannya kepada Kasi Pemasaran

7. Kasi Pemasaran menandatangani rekaman tindak lanjut dan meyerahkan kembali kepada petugas UPP

8. Petugas menyampaikan tindak lanjut Pengaduan/Keluhan kepada pengguna jasa

9. Menerima tindak lanjut Pengaduan/Keluhan

Mitra Kami :

 1. Balai Besar Kulit, Karet & Plastik

 2. Balai Besar POM DIY

 3. Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan pengendalian Penyakit

 4. Balai Pelayanan Kesehatan Masyarakat Veteriner

 5. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi

 6. BLH Kabupaten Sukoharjo

 7. CV. Lintang Suminar

 8. CV. MEDIA WACANA

 9. CV.Wahana Hi Lab Indonesia

 10.Laboratorium Klinik Cito

 11.Laboratorium Klinik Cito Unit Bantul

 12.Laboratorium Klinik Cito Wates

 13.Laboratorium Pengujian  dan Pengawasan Mutu Hasil Perikanan Semarang

 14.PARAHITA DIAGNOSTIC CENTER

 15.PT. Royal Agro Persada

 16.Puskesmas Gamping 1

 17.UPT Laboratorium Kesehatan Kab Sleman

 Berikut Adalah Alur Proses Pelayanan Kalibrasi

Kalibrasi

 

Standar Pelayanan Kalibrasi, Alur Proses Layanan Kalibrasi dan Tarif Kalibrasi dapat dilihat pada lampiran di bawah ini.

 

Download

Share

  • Share on Facebook
  • Share on Twitter