PENDAFTARAN LAYANAN KALIBRASI :

 

bbkb.kemenperin.go.id/apolo/home

 

SISTEM MEKANISME DAN PROSEDUR LAYANAN KALIBRASI

1. Pengguna jasa Mengirim atau menyerahkan alat yg akan dikalibrasi ke petugas UPP  kemudian mengisi form permintaan kalibrasi

2. Petugas UPP (Pelayanan pengguna jasa) Memeriksa dan memproses alat yang akan dikalibrasi serta menyerahkan tanda terima kalibrasi ke pengguna jasa

3. Kasi  Kalibrasi Memeriksa fisik dan melakukan pengecekan alat yang akan dikalibrasi serta melakukan konfirmasi terkait alat yang bisa kalibrasi kepada petugas UPP

4. Petugas UPP memproses tanda terima kalibrasi,  dan menyerahkannya kepada Bendahara

5. Bendahara penerimaan membuat Bukti Pembuatan Tagihan PNBP (e billing) dan menyerahkan ke UPP

6. Petugas UPP menyerahkan surat balasan dan Bukti Pembuatan Tagihan PNBP (e billing) ke pengguna jasa

7. Pengguna jasa membayar Bukti Pembuatan Tagihan PNBP (e-billing)

8. Petugas UPP (Pelayanan pengguna jasa) Menginformasikan status pembayaran kepada Seksi Kalibrasi

9. Kasi  Kalibrasi Melakukan proses kalibrasi kemudian menyerahkan alat yang sudah  dikalibrasi beserta hasilnya ke petugas UPP

10. Petugas UPP (Pelayanan pengguna jasa) Mencetak pengantar sertifikat kalibrasi kemudian menyerahkan kepada Kasi Pemasaran

11. Kasi Pemasaran Memeriksa dan memaraf pengantar sertifikat kalibrasi kemudian menyerahkan kepada Kabid. Paskal

12. Kabid Paskal Memeriksa dan memaraf pengantar sertifikat kalibrasi kemudian menyerahkan kepada sekretaris

13. Sekretaris Menyerahkan sertifikat kalibrasi kepada Ka BBKB

14. Ka.BBKB Menandatangani pengantar sertifikat kalibrasi kemudian menyerahkan kembali kepada sekretaris untuk dikembalikan kepada Petugas UPP

15. Petugas UPP (Pelayanan pengguna jasa) Menyerahkan alat yang sudah dikalibrasi langsung ke pengguna jasa atau mengirim melalui kurir

16. Pengguna jasa Menerima alat, sertifikat dan menandatangani berita acara penyerahan alat yang sudah dikalibrasi

Kalibrasi di Luar BBKB

1. Pengguna jasa menyampaikan surat permohonan kalibrasi atau mengisi form permintaan kalibrasi bagi pengguna jasa yang datang langsung

2. Petugas UPP (Pelayanan pengguna jasa) memeriksa dan memproses permintaan kalibrasi serta menyampaikan kepada Seksi Kalibrasi untuk dilakukan penjadwalan

3. Kasi  Kalibrasi melakukan penjadwalan pelaksanaan kalibrasi kemudian menyampaikan kepada Petugas UPP

4. Petugas UPP (Pelayanan pengguna jasa) menginput permintaan kalibrasi serta jadwal pelaksanaan pada sistem informasi laboratorium dan mencetak surat perintah kalibrasi

5. Kasi  Kalibrasi melakukan pengecekan alat, melakukan proses kalibrasi di lokasi pengguna jasa dan melakukan konfirmasi alat yang dapat dikalibrasi kepada Petugas UPP

6. Petugas UPP memproses tanda terima kalibrasi,  dan menyerahkannya kepada Bendahara

7. Bendahara penerimaan membuat Bukti Pembuatan Tagihan PNBP (e billing) dan menyerahkan ke UPP

8. Petugas UPP menyerahkan surat balasan dan Bukti Pembuatan Tagihan PNBP (e billing) ke pengguna jasa

9. Pengguna jasa membayar Bukti Pembuatan Tagihan PNBP (e-billing)

10. Petugas UPP (Pelayanan pengguna jasa) menginformasikan status pembayaran kepada Seksi Kalibrasi

11. Kasi Kalibrasi menyelesaikan proses kalibrasi di Lab. BBKB kemudian menyerahkan alat yang sudah  dikalibrasi beserta hasilnya ke petugas UPP

12. Petugas UPP (Pelayanan pengguna jasa) mencetak pengantar sertifikat kalibrasi kemudian menyerahkan kepada Kasi Pemasaran

13. Kasi Pemasaran memeriksa dan memaraf pengantar sertifikat kalibrasi kemudian menyerahkan kepada Kabid. Paskal

14. Kabid Paskal memeriksa dan memaraf pengantar sertifikat kalibrasi kemudian menyerahkan kepada sekretaris

15. Sekretaris menyerahkan sertifikat kalibrasi kepada Ka BBKB

16. Ka.BBKB menandatangani pengantar sertifikat kalibrasi kemudian menyerahkan kembali kepada sekretaris untuk dikembalikan kepada Petugas UPP

17. Petugas UPP (Pelayanan pengguna jasa) menyerahkan alat yang sudah dikalibrasi langsung ke pengguna jasa atau mengirim melalui kurir

18. Pengguna jasa menerima alat, sertifikat dan menandatangani berita acara penyerahan alat yang sudah dikalibrasi

PERSYARATAN

Kelengkapan administrasi, meliputi :

a. Pengisian Formulir Permintaan Kalibrasi

b. Pembayaran sesuai Tarif/Biaya yang ditetapkan

Kelengkapan teknis, meliputi :

a. Alat yang di Kalibrasi

b. Kondisi peralatan berdasarkan pemeriksaan fisik alat kalibrasi

JANGKA WAKTU PENYELESAIAN

a. Waktu penyelesaian kalibrasi enclosure dan kalibrasi di luar BBKB selama 7 (tujuh) hari kerja (Maksimal 4 sertifikat kalibrasi yang terbit per hari)

b. Waktu penyelesaian Kalibrasi non-enclosure (volume, suhu dan massa) dan kalibrasi di BBKB, selama 7 (tujuh) hari kerja (Maksimal 6 sertifikat kalibrasi yang terbit per hari)

BIAYA DAN TARIF

Sesuai Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 tahun 2011 tentang Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Kementerian Perindustrian (Lampiran II.2)

Catatan: Biaya tersebut diatas belum termasuk transport dan akomodasi petugas kalibrasi ke lokasi apabila kalibrasi dilakukan diluar BBKB

DEFINISI

1. Petugas UPP adalah petugas unit pelayanan publik

2. Kalibrasi adalah  proses pengecekan dan pengaturan akurasi dari alat ukur dengan cara membandingkannya dengan standar/tolak ukur

3. ISO/IEC adalah International Organization for Standardization / International Electrotechnical Commission (IEC)

4. Ruang lingkup kalibrasi BBKB yaitu:

a. Temperatur

b. Instrumen Analitik

c. Massa

d. Volume

e. Tekanan

PENGENDALIAN KETIDAKSESUAIAN

Pengendalian produk tidak sesuai untuk layanan yang dilakukan oleh lembaga terakreditasi (layanan pengujian, kalibrasi, dan sertifikasi) mengacu pada dokumen lembaga tersebut. Untuk layanan lainnya, pengendalian produk tidak sesuai dikendalikan oleh petugas kontrol kualitas (QC) dari UPP yaitu Kepala UPP BBKB dan atau Sekretaris UPP.

PENANGANAN PENGADUAN, SARAN DAN MASUKAN

Sarana pengaduan meliputi:

PENGADUAN PENGUNJUNG DI LOKET PENDAFTARAN

SARANA PENGADUAN

PENCATATAN

TINDAKAN YANG DILAKUKAN

Kotak Saran

Formulir keluhan

Pengguna jasa menulis keluhan dan memasukkan ke kotak saran.

Ruang Pengaduan

Formulir keluhan

Pengguna jasa menulis keluhan di desk pengaduan.

Saran Kritik dalam kuesioner kepuasan pengguna jasa secara langsung atau via https://goo.gl/forms/xW0tDP4BZXx1oplH2

Kuesioner

Pengguna jasa menulis keluhan di ruang layanan atau secara online.

Pertanyaan masyarakat via Website BBKB https://bbkb.kemenperin.go.id/index.php/pengaduan/form

Kuesioner

Pengguna jasa menulis dalam formulir keluhan secara online.

Petugas pengelolaan pengaduan 0274-546111 Ext. 111 atau melalui 082223799288

Formulir keluhan

Pengguna jasa menyampaikan keluhan kepada petugas melalui telepon.

1. Pengaduan secara langsung akan dicatat dalam formulir keluhan oleh pengguna jasa.

2. Kotak saran dicek oleh Petugas UPP. Apabila ada pengaduan, selanjutnya dicatat dalam formulir keluhan oleh petugas.

3. Pengaduan melalui telepon atau secara online akan dicatat dalam formulir keluhan oleh petugas pelayanan pengaduan

4. Dari semua pengaduan yang masuk melalui berbagai sarana yang sudah direkam dalam formulir pengaduan, akan diperiksa oleh Petugas UPP, selanjutnya dilaporkan kepada Kasi terkait dengan diketahui oleh Kasi Pemasaran.

5. Kepala Seksi Terkait menelaah Pengaduan/Keluhan pengguna jasa dan mengambil tindakan perbaikan sesuai dengan Pengaduan/Keluhan pengguna jasa atau mengagendakan untuk perbaikan, kemudian menyampaikan kepada Petugas UPP

6. Petugas UPP merekam tindak lanjut pada formulir Tindak Lanjut Pengaduan/Keluhan dan melaporkannya kepada Kasi Pemasaran

7. Kasi Pemasaran menandatangani rekaman tindak lanjut dan meyerahkan kembali kepada petugas UPP

8. Petugas menyampaikan tindak lanjut Pengaduan/Keluhan kepada pengguna jasa

9. Menerima tindak lanjut Pengaduan/Keluhan

Mitra Kami :

 1. Balai Besar Kulit, Karet & Plastik

 2. Balai Besar POM DIY

 3. Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan pengendalian Penyakit

 4. Balai Pelayanan Kesehatan Masyarakat Veteriner

 5. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi

 6. BLH Kabupaten Sukoharjo

 7. CV. Lintang Suminar

 8. CV. MEDIA WACANA

 9. CV.Wahana Hi Lab Indonesia

 10.Laboratorium Klinik Cito

 11.Laboratorium Klinik Cito Unit Bantul

 12.Laboratorium Klinik Cito Wates

 13.Laboratorium Pengujian  dan Pengawasan Mutu Hasil Perikanan Semarang

 14.PARAHITA DIAGNOSTIC CENTER

 15.PT. Royal Agro Persada

 16.Puskesmas Gamping 1

 17.UPT Laboratorium Kesehatan Kab Sleman

 Berikut Adalah Alur Proses Pelayanan Kalibrasi

Kalibrasi

 Biaya dan Tarif

No

Jenis Alat

Ruang Lingkup

Biaya

1

Oven/tanur (furnance) water bath/oil bath

Temperatur

1.000.000

2

Termometer 0°-100°

Temperatur

250.000

3

Termometer 0°-250°

Temperatur

250.000

4

Termometer Digital  0°-600°

Temperatur

250.000

5

Termometer Analog

Temperatur

200.000

6

Termometer (recorder) analog 20°-140°

Temperatur

175.000

7

Termometer Gelas Biasa

Temperatur

200.000

8

Termomete Gelas Resolusi 0.1° c

Temperatur

200.000

9

Termomete Gelas Resolusi 0.2° c

Temperatur

300.000

10

Termomete Digital

Temperatur

450.000

11

Oven/bath 0°c-250°c

Temperatur

600.000

12

Oven/bath 0°c-1.20°c

Temperatur

350.000

13

Autoclave 0°c-50°c

Temperatur

200.000

14

Hot plate 0°c-400°c

Temperatur

200.000

15

Tanur (Furnance) laboratorium

Temperatur

455.000

16

Tanur (Furnance) industri

Temperatur

1.000.000

17

Thermokopel 0°-200°

Temperatur

575.000

18

Thermohigrometer

Temperatur

500.000

19

Thermohigrometer (relative humidity:0°-50°

Temperatur

300.000

20

Pemanas air (water bath)

Temperatur

500.000

21

Pressure gauge/buah, Test gauge

Tekanan

350.000

22

 Test gauge

Tekanan

250.000

23

Buret (AS 2165/2162)

Volumetrik

100.000

24

Buret (25 ml-50ml)

Volumetrik

150.000

25

Pipet ukur (AS 2167/2162)

Volumetrik

100.000

26

Pipet ukur (1ml-25ml)

Volumetrik

125.000

27

Gelas Ukur  (AS 2162.1/2163)

Volumetrik

100.000

28

Gelas Ukur  (5 ml-1.000 ml)

Volumetrik

100.000

29

Labu Ukur (50 ml-1.000 ml)

Volumetrik

100.000

30

Pipet Volume  (AS 2166/2162)

Volumetrik

100.000

31

Pipet Volume  (5 ml-100 ml)

Volumetrik

125.000

32

Volumetrik 1 liter

Volumetrik

125.000

33

Piknometer 0ml-25 ml

Volumetrik

100.000

34

Piknometer 10ml-25 ml

Volumetrik

75.000

35

Timbangan Elektronik Analitik biasa

Massa

325.000

36

Timbangan Elektronik Analitik 30g-1kg

Massa

200.000

37

Timbangan Elektronik Analitik 3kg-10kg

Massa

200.000

38

Timbangan Elektronik Non Analitik

Massa

200.000

39

Timbanan Mekanik Analitik biasa

Massa

325.000

40

Timbanan Mekanik Analtik 100gr-1 kg

Massa

250.000

41

Timbanan Mekanik Industri 2 kg-10 kg

Massa

200.000

42

Timbanan Mekanik Industri 20 kg-150 kg

Massa

300.000

43

 

Timbanan Analitik 0 g- 400 g

Massa

300.000

44

Timbanan Analitik 0 g- 500 g

Massa

300.000

45

Timbanan Analitik 0 g- 2000 g

Massa

500.000

46

Massa standar M2 1 g-200 g

Massa

500.000

47

 Anak Timbangan F1 1 mg – 1 g

Massa

375.000

48

 Anak Timbangan F1 1 g-200 g

Massa

600.000

49

 Anak Timbangan F1  1 mg – 500 g

Massa

750.000

50

 Anak Timbangan F2 1 g – 200 g

Massa

600.000

51

Anak Timbangan F2 1 mg- 500 g

Massa

750.000

52

Anak Timbangan M1 10 mg – 500 g

Massa

25.000

53

Anak Timbangan M2 1 mg- 20 g

Massa

25.000

54

Anak Timbangan M2 2 1 mg- 200 g

Massa

500.000

55

Top Loading

Massa

275.000

56

Timbangan digital 0-12 kg

Massa

300.000

57

Ph-Meter (NATA)

Instrumen Analitik

250000

58

Ph-Meter menurut Amirican Standard and Testing Material (ASTM)

Instrumen Analitik

200.000

 

59

Stopwatch

Instrumen Analitik

100.000

60

Sertifikat Hasil Uji

 

25.000

61

Salinan Sertifikat Hasil Uji

 

25.000

Standar Pelayanan Kalibrasi dapat dilihat pada lampiran di bawah ini.

 

Download

Bagikan di Media Sosial Anda