Pada  hari Selasa, 2 Juli 2013 pukul 09.00 WIB di ruang  Aula Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta dilakukan Pembukaan Magang Pengembangan Souvenir Khas Jawa Tengah kerjasama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah  dengan Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta. Pembukaan pelatihan dilakukan oleh Kepala Bidang Pengembangan Jasa Teknik Drs. Handoyo mewakili  Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta dan dihadiri oleh Para pejabat eselon III dan IV di Lingkungan BBKB; Pendamping dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengahdan seluruh peserta pelatihan. Pelatihan diikuti sebanyak 12 (dua belas) perajin. Kegiatan ini merupakan program penguatan dan pengembangan industri alternative berbasis sumber daya lokal.

   Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah yang diwakili Kepala Seksi Industri Agro Ibu Sri Sudiyani, SH, MM  dalam sambutannya mengatakan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan perajin dalam pembuatan produk souvenir khas Jawa Tengah.  Untuk itu Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan instansi terkait akan terus mendorong mengembangkan  potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat..

   Dalam kesempatan tersebut Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta yang diwakili Kepala Bidang Pengembangan Jasa Teknik Drs. Handoyo menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam melakukan kerjasama Magang Pengembangan Souvenir Khas Jawa Tengah. Peserta diharapkan dapat memanfaatkan secara optimal pelatihan ini. Balai Besar Kerajinan dan Batik mempunyai 11 laboratoirum terkait dengan industi kerajinan dan batik dan para peserta pelatihan dapat memanfaatkan dengan melihat sarana parasarana yang ada untuk menambah pengetahuan dan dapat berkonsultasi langsung kepada para petugas guna memanfaatkan waktu disela-sela pelaksanaan magang di BBKB Yogyakarta. Selain itu BBKB Yogyakarta terus melakukan kerjasama dan menjalin sinergitas dengan institusi/lembaga lain guna menumbuhkembangkan wira usaha baru khususnya yang terkait dengan industri kerajinan dan batik Indonesia.


Magang Pengembangan Souvenir Khas Jawa Tengah ini akan berlangsung selama 5 (lima) hari terhitung tanggal 1 sampai dengan 5 Juli 2013  bertempat di  Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta dengan durasi 40 Jpl. Adapun para instruktur berasal dari BBKB dengan materi diklat 20% teori dan 80% praktek, sedangkan materi diklat yang disampaikan sebagai berikut :

1. Pengetahuan bahan dan alat

2. Pengetahuan desain kerajinan

3. Pengetahuan pewarnaan  (teori)

4. Pengetahuan pewarnaan (praktek)

5. Praktek pembuatan produk meliputi : sarung bantal      kursi, Tas, Tori, Dompet, Sandal, Tempat pensil dan    Tempat Tissu

Bagikan di Media Sosial Anda