Pada  hari Selasa, 25 Juni 2013 pukul 09.00 WIB di ruang  Soga Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta dilakukan Pembukaan Pelatihan Kerajinan Anyaman Pandan/Rotan Kerjasama Dinas Koperasi, UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat  dengan Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta. Pembukaan pelatihan dilakukan oleh Kepala Bidang Pengembangan Jasa Teknik Drs. Handoyo mewakili  Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta dan dihadiri oleh Para pejabat eselon III dan IV di Lingkungan BBKB; Pendamping dari Dinas Koperasi, UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Ketapang, Anggota DPRD Kabupaten Ketapangdan seluruh peserta pelatihan. Pelatihan diikuti sebanyak 7 (tujuh) perajin. Kegiatan ini merupakan program peningkatan keterampilan anyaman bagi para perajin warga pedalaman dengan kategori  tingkat dasar.

   Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Ketapang Ibu Maria Magdalena Lili mengatakan bahwa anggota dewan akan terus mendorong peningkatan kemampuan dan keterampilan SDM melalui  pelatihan, agar para perajin mampu meningkat kualitas produknya dan diminati oleh pasar.

  Kepala Dinas Koperasi, UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Ketapang, Kalimantan BaratBapak H. Syahranidalam sambutannya mengatakan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan, wawasan dan keterampilan bagi perajin guna meningkatkan kualitas dan diversifikasi produk dari produk pandan/rotan bagi para perajin.  Untuk itu pemerintah daerah akan terus menumbuhkembangkan potensi industri kecil yang ada, agar memperoleh nilai tambah sehingga dapat mengentaskan kemiskinan. Guna mewujudkan hal tersebut Diskop, UKM dan Perindag akan memberikan dukungan meliputi : pemasaran, peningkatan pemanfaatan sumber daya alam; bimbingan bersifat dasar industri kerajinan dan bambu, peningkatan kualitas produk; kerjasama dengan Dekranasda.

   Dalam kesempatan tersebut Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta yang diwakili Kepala Bidang Pengembangan Jasa Teknik Drs. Handoyo menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Dinas Koperasi, UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat   dalam melakukan kerjasama Pelatihan Kerajinan Pandan/Rotan. Peserta diharapkan dapat memanfaatkan secara optimal pelatihan ini. Balai Besar Kerajinan dan Batik mempunyai 11 laboratoirum terkait dengan industi kerajinan dan batik dan para peserta pelatihan dapat melihat secara langsung dan menanyakan kepada pihak yang terkait untuk menambah pengetahuan dan pengalaman selama mengikuti pelatihan. Guna meningkatkan keterampilan dan penumbuhan wira usaha baru di Kabupaten Ketapang kerjasama ini diharapkan terus ditingkatkan untuk program dan kegiatan pelatihan lain yang terkait dengan industri kerajian dan batik.


Pelatihan Kerajinan Pandan/Rotan ini akan berlangsung selama 5 (lima) hari terhitung tanggal 24 sampai dengan 27 Juni 2013  bertempat di  Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta dengan durasi 40 Jpl. Adapun para instruktur berasal dari BBKB dengan materi diklat 20% teori dan 80% praktek, sedangkan materi diklat yang disampaikan sebagai berikut :

1. Pengetahuan bahan dan alat

2. Pengetahuan desain kerajinan

3. Pengetahuan pewarnaan  (teori)

4. Pengetahuan pewarnaan (praktek)

5. Praktek pembuatan produk kerajinan pandan/rotan

Bagikan di Media Sosial Anda