Pada  hari Senin, 17 Juni 2013 pukul 08.30 WIB di ruangan Aula Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta dilakukan Pembukaan Pelatihan Kerajinan Rotan kerjasama antara PKK Kecamatan Mentarang Hulu Kabupaten Malinau Provinsi Kalimantan Timur dengan Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta. Pembukaan pelatihan dilakukan oleh Kepala Bidang Pengembangan Jasa Teknik Drs. Handoyo mewakili  Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta dan dihadiri oleh Para pejabat eselon III dan IV di Lingkungan BBKB; Pendamping dari PKK Kecamatan Mentarang Hulu Kabupaten Malinau dan seluruh peserta pelatihan. Pelatihan diikuti sebanyak 23 (duapuluh tiga) perajin. Kegiatan ini merupakan program Gerakan Membangun Desa (GERDEMA) yang dicanangkan oleh pemerintah daerah Kabupaten Malinau Provinsi Kalimantan Timur.

   Pada  sambutannya Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Menterang Hulu Kabupaten Malinau Susilowati Matias, SE mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan kesempatan sekaligus peluang bagi para perajin yang berasal dari 8 (delapan) desa di Kecamatan Mentarang, meliputi :

1. Kecamatan Mentarang Hulu 1 orang

2. Desa Long Berang 2 orang

3. Desa Long Simau 5 orang

4. Desa Long Kebitu 5 orang

5. Desa Long Mekatifp 2 orang

6. Desa Long Pala 2 orang

7. Desa Semamu 3 orang

8. Desa Long Sulit 3 orang

   Adapun maksud dan tujuan dari pelatihan ini adalah untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi perajin guna meningkatkan kualitas dan diversifikasi produk dari produk rotan bagi para perajin di Kecamatan Mentarang Hulu Kabupaten Malinau. Selanjunya produk yang dihasilkan dari pelatihan di BBKB Yogyakarta ini akan dipamerkan dalam event pameran yang digelar setiap dua tahun sekali di Kabupaten Malinau.

    Dalam kesempatan tersebut Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta yang diwakili Kepala Bidang Pengembangan Jasa Teknik Drs. Handoyo menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Tim Penggerak PKK Kecamatan Mentarang Hulu Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Timur dalam melakukan kerjasama Pelatihan Pewarnaan Rotan. Peserta diharapkan dapat memanfaatkan secara optimal pelatihan ini dan menanyakan kepada instruktur atau pihak yang terkait terhadap sesuatu yang belum jelas. Kerjasama ini diharapkan terus ditingkatkan untuk program dan kegiatan pelatihan lain yang terkait dengan industri kerajian dan batik.

   Pelatihan Kerajinan Rotan ini akan berlangsung selama 5 (lima) hari terhitung tanggal 17 sampai dengan 21 Juni 2013 bertempat di  Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta dengan durasi 40 Jpl. Adapun para instruktur berasal dari BBKB dengan materi diklat 20% teori dan 80% praktek, sedangkan materi diklat yang disampaikan sebagai berikut :

1. Pengetahuan bahan dan alat

2. Pengetahuan desain kerajinan

3. Pengetahuan pewarnaan (teori)

4. Pengetahuan pewarnaan (praktek)

5. Praktek pembuatan produk kerajinan rotan

Bagikan di Media Sosial Anda