Pada  hari Jum’at, 26 April 2013 pukul 09.30 WIB bertempat di ruangan Aula Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta dilakukan Penutupan Pelatihan Desain Pola Batik Zat Warna Alam (Pelatihan Tahap II) kerjasama Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Sidoarjo dengan Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta.

Penutupan pelatihan dilakukan oleh Kepala Balai Besar Kerajinan dan Batik Dra. Zulmalizar, MM dan dihadiri oleh para pejabat eselon III dan IV di Lingkungan BBKB; Pendamping dari Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Sidoarjo, Propinsi Jawa Timur  dan seluruh peserta pelatihan. Pelatihan yang diikuti sebanyak 12 (dua belas) perajin merupakan tindak lanjut dari program sebelumnya dari pemerintah Kabupaten Sidoarjo yaitu Pengembangan Kewirausahaan dan Keunggulan Kompetitif UKM. Pelatihan yang berlangsung selama 5 (lima) terhitung mulai tanggal 22 s.d. 26 April 2013 dengan materi pelatihan meliputi :Pengetahuan Teknik Pemolaan Batik untuk Busana dan Teknik pewarnaan Zat Warna Alam serta tenaga pengajar/instruktur semjua berasal dari BBKB Yogyakarta.

Pada sambutannya dari Bidang  Kelembagaan dan Koperasi Ibu Dra.Indah Suatmi, M.Si mewakili Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Sidoarjo mengucapkan terima kasih kepada Balai Besar Kerajinan dan Batik atas pelaksanaan penyelenggaraan pelatihan yang telah berjalan dengan baik.  Hal ini tampak dari hasil produk yang dihasilkan dan antusiame  para peserta selama mengikuti pelatihan. Disamping itu juga para peserta diminta untuk mengimplematasikan ilmu yang diperoleh guna meningkatkan income bagi keluarganya.

   Dalam kesempatan lain Kepala Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta Dra. Zulmalizar, MM menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Sidoarjo dalam melakukan kerjasama  Pelatihan Desain Pola Batik Zat Warna Alam dengan BBKB Yogyakarta. Untuk itu BBKB juga berharap hubungan tali silaturrahim dan kerjasama yang terjalin  selama ini dalam menumbuhkembangkan pengrajin–pengrajin batik khusus di Kabupaten Sidoarjo. Berkenaan dengan hal tersebut Ka.BBKB juga minta kepada para peserta untuk tidak puas terhadap hasil yang telah dicapai sekarang, sehingga terus mengasah kemampuan dan meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam pengembangan batik. Disamping itu Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Sidoarjo perlu melakukan penggalian terhadap potensi sumber daya alam yang ada, agar mampu memberikan nilai tambah bagi perajin kerajinan dan batik.

   Kesan dan pesan peserta dalam penutupan pelatihan yang di sampaikan oleh Adenan (Perajin) mengatakan bahwa waktu 5 (lima) hari dalam pelatihan dirasakan masih sangat kurang, sehingga perlu waktu tambahan guna meningkatkan pemahaman dan kemampuan para perajin. Para peserta pelatihan juga tampak betah berada di Lingkungan Balai Kerajinan dan Batik mengingat sarana dan prasarana pelatihan lengkap termasuk  keberadaan 11 (sebelas)  Laboratorium yang ada. Selamat Sukses dan terus berkarya…

Bagikan di Media Sosial Anda