1_(Medium)

Setelah menjalin komunikasi, diskusi dan kunjungan antara BBKB dengan Mr. Masato Kuroda dan Ibu Fitriani Kuroda, untuk menjalin kerjasama yang lebih kongkrit dalam hal penelitian, pengembangan dan pemasaran antara BBKB dan Mr. Masato Kuroda maka pada hari : Senin, 16 April 2018, Pukul 16.00 bertempat di Joglo Kalangan, Jalan Turi KM 4, Desa Kalangan, Trimulyo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55513,  telah ditandatangani Memorandum of Understanding (MoU) yang berisikan kegiatan : Penelitian aplikasi batik latar ringkel pada kain bemberg; Pengujian kualitas pewarnaan pada kain bemberg;Pembuatan produk Yukata dan asesorisnya dari kain bemberg bermotif batik latar ringkel; Terjalin hubungan dengan calon buyer produk Yukata dari Jepang; Keikutsertaan dalam  Pameran INACRAFT 2018 di Jakarta  dan Pameran Peringatan 60 Tahun Kerjasama Indonesia-Jepang di Tokyo.

Rencana tindak tindak lanjut BBKB dalam MoU ini adalah melaksanakan kegiatan penelitian aplikasi batik latar ringkel pada kain bemberg dan membuat pakaian Yukata untuk dipamerkan dalam Pameran INACRAFT 2018 di Jakarta Convention Center mulai tanggal 25 – 29 April 2018. BBKB juga melaksanakan penelitian daya serap warna pada kain bemberg.

Pameran pada INACRAFT 2018 akan menampilkan kain bemberg “Japan New Silky Fiber” untuk kain batik bersama dengan desainer dan IKM Batik Indonesia, dimana keikutsertaan dalam pameran ini Mr. Kuroda dan Ibu Fitriani Kuroda bersama dengan PT. Milangkori Persada yang disponsori oleh Asahi KASEI Japan, Embbasy of Japan (Indonesia), JETRO, Japan Foundation, Kementerian Perindustrian dan Balai Besar Kerajinan dan Batik. Dalam pameran tersebut diharapkandapat menjadi media promosi, uji dan riset pasar produk Yukata dari kain batik latar ringkel serta Geta, Yori dan Kokeshi batik yang dikembangkan oleh BBKB.

Selanjutnya dalam rangka pembinaan Pusat Unggulan Iptek (PUI) dan hilirisasi produk unggulan program dari Kemenristekdikti, BBKB menjadi salah satu peserta yang akan mengikuti Pameran Innovation Days di Jepang sekitar bulan September 2018, dapat lebih mempersiapkan diri dalam merancang produk yang sesuai dengan minat masayarakat Jepang. BBKB mengembangkan batik latar ringkel, geta dan yori serta boneka kokshi dengan nuansa batik yang akan dipasarkan di Japan melalui pameran tersebut. disamping itu dalam memperingati kerjasama Indonesia – Jepang ke-60 akan diadakan pameran di Tokyo Jepang .

Share

  • Share on Facebook
  • Share on Twitter