8_(Medium)4

Diseminasi Hasil Litbang Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) yang digelar pada hari Rabu, 11 Juli 2018 bertempat di Ruang Indigofera BBKB Yogyakarta dihadiri oleh dinas terkait, para pengrajin, perguruan tinggi, dunia usaha dan  asosiasi industri batik dan kerajinan. Adapun tujuannya adalah menyebarluaskan jasa layanan dan hasil litbang; meningkatkan jejaring dan peluang  kerja sama dengan pemanfaaatan hasil litbang  BBKB.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Kegiatan Promosi dan Diseminasi Hasil Litbang Balai Besar Kerajinan dan Batik tahun anggaran 2018 BBKB yang didukung kegiatan penguatan kerjasama hilirisasi dari  Pusat Unggulan IPTEK batik dan kerajinan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Kepala BBKB Ir. Isananto Winursito, M.Eng, Ph.D ketika memberikan sambutan dan sekaligus membuka secara resmi kegiatan diseminasi, menyampaikan bahwa  visi BBKB Menjadi pusat litbang terapan yang berwawasan lingkungan dan berbasis sumber daya lokal serta penyedia layanan teknis kerajinan dan batik yang terkemuka, sehingga sangat dibutuhkan dan relevan jika setiap tahun BBKB melaksanakan kegiatan litbang sesuai dengan prioritas industri nasional dan permasalahan yang ada. Melalui kegiatan ini diharapkan IKM kerajinan dan batik dapat memperoleh manfaat dan mengaplikasikan hasil litbang untuk mengembangkan industri mereka”imbuhnya:.

Di sisi lain, melalui penyerbarluasan hasil litbang kepada masyarakat, BBKB  dapat memperoleh umpan balik dari hasil penelitian-penelitian yang dilakukan sehingga dapat meningkat kualitas dan peran litbang Balai Besar Kerajinan dan Batik.

Dalam  penyelenggaraan diseminasi dilaksanakan pembahasan dengan membagi  2 (dua) group secara pararel, agar para peserta lebih fokus dalam diskusinya . Group Pertama bertema Batik dan Tekstil dengan judul litbang, antara lain : Penelitian Kualitas Produk Batik Untuk Penyusunan RSNI Batik Tulis Halus, Sedang, Kasar; Peningkatan Daya Saing Industri Batik Melalui Penerapan Produksi Bersih Pada Ikm Batik Kab.Banyumas; dan Pengembangan Teknik Smock Pada Batik Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Fesyen. Sedangkan group yang bertema Kerajinan dan Lingkungan dengan menyajikan 3 (tiga) materi, yaitu : Teknologi Proses Pengolahan Kayu Non Komersial; Pengembangan Desain Motif Tenun Kombinasi Batik Dengan Pewarna Alami; dan Pengembangan Furniture, Kerajinan Dan Produk Fashion Dari Limbah Kayu.

Share

  • Share on Facebook
  • Share on Twitter