Pada hari Senin, 23 Maret 2015, pukul 08.30 WIB bertempat di Ruang Aula Lantai II Balai Besar Kerajinan dan Batik telah dibuka secara resmi Pelatihan Sashiko dan Smock kerjasama Dinas Koperasi, UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat dengan Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) Yogyakarta. Pelatihan tersebut dibuka oleh. Kepala Balai Besar Kerajinan dan Batik Ibu Dra. Zulmalizar, MM dan dihadiri oleh Kepala Diskop, UKM Perindag Kabupaten Ketapang, pendamping, pejabat eselon III dan IV dilingkungan BBKB, para instruktur dan seluruh peserta pelatihan Sashiko dan Smock.

Pada  sambutannya Kepala Dinas Koperasi, UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Ketapang Bapak Drs.H.Syahrani mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan kesempatan sekaligus peluang bagi para perajin yang berasal dari beberapa kelurahan dan desa di Kabupaten Ketapang, antara lain : Kendawangan Kiri 1 orang,  Kendawangan 3  orang,  Benua Kayong 1 orang dan 1 dari Ketapang dengan jumlah peserta sebanyak 6 orang.

Adapun maksud dan tujuan dari pelatihan ini adalah untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi perajin guna meningkatkan kualitas dan diversifikasi produk yang selama ini telah digeluti para perajin. Selanjutnya hasil  dari  pelatihan ini kedepan diharapkan dapat memasok kebutuhan masyarakat Kabupaten Ketapang dan sekitarnya, sehingga akan mampu mengurangi ketergantungan produk dari luar. Hasil dari pelatihan selama di BBKB Yogyakarta ini akan dipamerkan dalam event pameran yang digelar di Kabupaten Ketapang.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Balai Besar Kerajinan dan Batik Ibu Dra. Zulmalizar, MM menyampaikan terima kasih kepada Dinas Koperasi, UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Ketapang atas kerjasamanya selama ini dan berharap kegiatan pelatihan ini mampu meningkatkan kompetensi dan membuka wawasan bagi para perajin. Sebagai daerah budaya, pariwisata dan kota pelajar  D.I. Yogyakarta banyak tumbuh industri kreatif yang mampu mengolah berbagai macam bahan baku menjadi produk yang mempunyai nilai tambah tinggi.

Disamping itu Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) sebagai lembaga pemerintah yang bergerak di bidang riset; standardisasi; rancang bangun; rekayasa; diklat; konsultansi industri di bidang industri kerajinan dan batik; akan berusaha memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada masyarakat. Untuk itu kepada para peserta diharapkan agar dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin selama pelatihan guna menggali potensi yang ada baik di lingkungan BBKB dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Para peserta diminta sekembalinya dari pelatihan tidak lekas puas diri,  tetapi terus menempa diri dalam meningkatkan keterampilandan keahlian, melakukan pengembangan berbagai produk dan menularkan ilmunya kepada masyarakat yang berada di Kabupaten Ketapang.

Pelatihan ini akan berlangsung selama 37,5 jam pelajaran atau 5 hari, dengan metode pembelajaran teori 25% dan praktek 75%. Materi yang akan diberikan meliputi : Pengetahuan dan persiapan pembuatan sashiko (instruksi kerja; cara menata lingkungan kerja; peralatan dan bahan); Keterampilan yang diperlukan dalam membuat sashiko dan smock; Sikap kerja; Cara membuat sashiko dan smock (pengetahuan sashiko dan smock, teknik sashiko dan smock; pola sashiko dan smock). Untuk membuka wawasan dan memberikan motivasi bagi para peserta seusai pelatihan akan dilakukan studi banding  ke sentra industri sashiko dan smock di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Share

  • Share on Facebook
  • Share on Twitter