Di Awal tahun 2020 ini, Pandemi COVID-19 yang melanda seluruh daerah memberikan imbas terhadap pertumbuhan ekonomi. Industri Kerajinan dan Batik merupakan salah satu sektor industri yang dapat mengakselerasi perekonomian daerah dan nasional dengan cepat. Industri Kerajinan dan Batik juga memiliki resiliansi yang tinggi terhadap krisis ekonomi.  Terbukti pada pada krisis ekonomi tahun 1998 industri ini justru meraih manfaat dari penurunan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat.  Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) Yogykarta, sebagai unit pelaksana teknis di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI), Kementerian Perindustrian terus berupaya mendorong peningkatan industri kerajinan dan batik di Indonesia yang berdaya saing. 

BBKB kembali melaksanakan kegiatan temu pelanggan khusus untuk pelanggan Pengujian dan Kalibrasi pada hari Rabu, 1 Juli 2020 yang dilaksanakan secara online melalui media video conference dengan tema “Keterjaminan Kualitas Produk untuk Mengacu Daya Saing Industri di Masa Pandemi”. Kegiatan ini diikuti kurang lebih 90 peserta yang terdiri dari akademisi, asosiasi, pelaku industri dan berbagai dinas terkait.  

Acara temu pelanggan ini merupakan ajang bertemu pemberi layanan dan pelanggannya, tujuanya adalah untuk menyampaikan fasilitas layanan yang disediakan BBKB serta untuk mendapatkan saran, kritik dan masukan dari para pelanggan BBKB untuk meningkatkan kualitas layanan.

 Pada acara temu pelanggan ini, juga disampaikan materi tentang Laboratorium Pengujian BBKB, Interpretasi Sertifikat Kalibrasi dan Inovasi Layanan Online.  Dipenghujung acara dibagikan doorprize yang dipandu oleh pembawa acara yang dibagikan kepada para peserta temu pelanggan yang berhasil menjawab pertanyaan maupun kepada para peserta yang aktif  bertanya dan memberikan saran.

Kepala BBKB: Ir. Titik Purwati Widowati, MP menyampaikan bahwa Balai Besar Kerajinan dan Batik terus berkomitmen dalam Pembangunan Zona Integritas guna menjaga terciptanya Wilayah Bebas Korupsi dan mewujudkan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. Untuk itu kami akan terus berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat meski di tengah pandemi yang masih terjadi saat ini. Melalui kegiatan ini Balai Besar Kerajinan dan Batik, Kementerian Perindustrian mampu mendorong, mengawal dan menfasilitasi ide-ide dan  inovasi luar biasa yang dilakukan secara mandiri dan berkolaborasi oleh para pelaku industri kerajinan dan batik.

Bagikan di Media Sosial Anda