Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi  dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Disperindagkop dan UKM) Bapak Drs.Larmanto, M.Si beserta rombongan berkunjung ke Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) Yogyakarta. Kunjungan yang dilaksanakan pada Hari Selasa, 19 April 2016 pukul 08.00 WIB didamping 4 Kepala Bidang dan 3 perajin batik zat warna alam dari Kabupaten Karanganyar. Kunjungan tersebut diterima langsung Kepala BBKB Bapak Ir. Isananto Winursito, M.Eng, Ph.D. beserta pejabat eselon III dan IV di Lingkungan BBKB Yogyakarta di Ruang Soga.

Dalam kata sambutannya Kepala BBKB menyampaikan terima kasih atas kepercayaannya berkunjung dan melakukan konsultasi dengan BBKB  untuk mengembangkan potensi sumber daya alam  (SDA) sebagai penghasil Zat Warna Alam (ZWA) khususnya di Kabupaten Karanganyar. Untuk itu BBKB akan memberikan dorongan dan dukungan serta memberikan informasi yang dimiliki, sehingga mampu meningkatkan layanan  yang lebih kepada institusi terkait maupun  masyarakat yang membutuhkan

Pada kesempatan yang sama  Kepala Disperindagkop dan UKM mengatakan bahwa maksud dan tujuan mengunjungi BBKB untuk menggali informasi  dan kerjasama dalam melakukan pengembangan dan pemanfaatan terhadap potensi SDA sebagai penghasil warna alam yang ada di Kabupaten Karanganyar. Adapun kendala yang dihadapi para pengrajin batik ZWA adalah kurangnya bahan pewarna untuk pembatikan dan kesulitan dalam melakukan pewarnaan pada batik ketika memperoleh pesanan dalam skala besar. Disamping itu Bupati Bapak Drs. H.Juliyatmono, MM Karanganyar mempunyai keinginan yang kuat untuk mengembangan tanaman  penghasil warna alam.

Untuk mengetahui lebih dalam terkait tugas pokok dan fungsi BBKB  serta litbang yang dihasilkan, dalam kesempatan tersebut juga disampaikan profil layanan oleh Kepala Seksi Pemasaran Bapak Aan Edy Antana, M.Eng dan Identifikasi Tumbuh-Tumbuhan Penghasil Warna Alam oleh Instruktur BBKB Bapak Agus Haerudin. Seusai pemaparan materi dilakukan diskusi yang dipandu oleh Kepala Bidang Pengembangan Jasa Teknis Bapak Drs. A. Wisnu Pamungkas, M.Si dan lanjutkan dengan pertukaran cinderamata

 Untuk melihat lebih dekat kemampuan BBKB Yogyakarta Kepala Disperindagkop dan UKM beserta rombongan juga berkunjung ke berbagai Laboratorium. Dari  11 (sebelas) Laboratorium yang dimiliki BBKB Yogyakarta, ada 5 (lima) Laboratorium yang sempat dikunjungi, antara lain : Laboratorium Perhiasan (Logam NonFerro), Laboratorium Batik, Laboratorium  Tenun dan Laboratorium Garmen dan Perca. Pada kunjungan ke Laboratorium  tersebut rombongan sangat tertarik pada proses pembuatan produk sehingga terjadi diskusi yang sangat intens dengan pegawai Laboratorium.

 

 

Share

  • Share on Facebook
  • Share on Twitter