Pada Hari Kamis tanggal 17  September 2015,  pukul 07.00 WIB Menteri Perindustrian Bapak Saleh Husin tiba Balai Besar Kerajinan dan Batik  Yogyakarta. Kedatangan pucuk pimpinan Kementerian Perindustrian tersebut disambut langsung Kepala Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) Yogyakarta Ibu Zulmalizar beserta jajarannya. Dalam kunjungan kali ini Menteri perindustrian didampingi Sekretaris Jenderal Bapak Syarif Hidayat dan Dirjen Industri Agro Bapak Panggah Susantobeserta jajaran eselon II di lingkungan Kemenperin. Pada kesempatan tersebut Menteri Perindustrian juga disambut oleh pimpinan satker seluruh Kemenperin yang berada di wilayah D.I. Yogyakarta, antara lain : Kepala Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik (BBKKP) Bapak Ramelan Subagyo, Kepala BDI Yogyakarta Ibu Iswahyuni, Direktur Politeknik ATK Yigyakarta Bapak Sugiyanto dan Kepala Sekolah Menengah Kejuruan SMTI Yogyakarta Ibu Tri Ernawati.

Menteri Perindustrian sesampai di Balai Besar Kerajinan dan Batik langsung melakukan peninjauan ke Ruang Pamer Lobby dan Ruang Pamer Lantai II BBKB Yogyakarta. Dalam peninjuan ke ruang pamer tersebut Bapak Saleh Husin yang didampingi Ibu Zulmalizar, Bapak Syarif Hidayat, Bapak Panggah Susanto beserta jajaran eselon II lain tampak memperhatikan dan mengamati setiap produk hasil litbang kerajinan dan batik.   Dalam peninjauan di ruang pamer, Menteri Perindutrian Bapak Saleh Husin juga menyempatkan diri  berdiskusi terkait bahan baku, proses, detail motif dan pemanfaatan produk.

 Untuk melihat lebih dekat kemampuan Balai Besar Kerajinan dan Batik Bapak Saleh Husin  juga berkesempatan berkunjung ke berbagai Laboratorium. Dari  11 (sebelas) Laboratorium yang dimiliki BBKB Yogyakarta, ada 4 (empat) Laboratorium yang sempat dikunjungi mengingat agenda kunjungan di Yogyakarta yang sangat padat, antara lain ; Laboratorium Perhiasan (Logam NonFerro), Laboratorium Perekayasan alat, Laboratorium Batik dan Laboratorium  Tenun. Pada kunjungan ke Laboratorium  Perhiasan Bapak Saleh Husin mengamati proses pembuatan cinderamata dari bahan baku timah dengan menggunakan peralatan hasil rekayasa balai yaitu mesin casting. Sedangkan kunjungan ke Laboratorium Batik Bapak Saleh Husin tertarik untuk melakukan pembatikan ke dalam sehelai kain di dampingi instruktur BBKB dan diikuti oleh Bapak Syarif Hidayat serta Bapak Panggah Susanto.

 Setelah lebih dari 1 jam berkeling menungunjungi ruang pamer dan laboratorium BBKB, Bapak Menteri dan rombongan berkenan mencicipi sarapan pagi dengan menu Soto Kudus Gajah Mada dan berkenan memotong kue Ulang Tahun yang ke 52. Sebelum meninggalkan BBKB Yogyakarta Bapak Menteri Perindustrian menerima laporan dari kedua Satker yang berada di D.I. Yogyakarta, yaitu Kepala Balai Besar Kerajinan Ibu Zulmalizar dan Kepala Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik (BBKKP) Bapak Ramelan Subagyo terkait dengan tugas pokok dan fungsi. Disamping itu Bapak Menteri juga memberikan arahan agar mesin dan peralatan yang usianya sudah tua untuk dilakukan penggantian agar kualitas dan target yang diharapkan dapat tercapai.

Share

  • Share on Facebook
  • Share on Twitter