Balai Besar Kerajinan dan Batik merupakan lembaga pemerintah yang bergerak dibidang litbang, kerjasama, standardisasi, pengujian, sertifikasi, kalibrasi dan pengembangan kompetensi SDM setiap tahun menghasilkan litbang berupa teknologi, proses, desain, pemanfaatan bahan baku, cara uji kerajinan dan batik.

Dalam upaya menyebarluaskan hasil-hasil litbang diperlukan suatu wadah/media informasi yaitu berupa majalah ilmiah yang secara rutin diterbitkan.”Dinamika Kerajinan dan Batik”  (DKB) merupakan media informasi yang diterbitkan oleh BBKB sebagai  salah satu sarana untuk menyerbar luaskan hasil litbang agar dapat di aplikasikan bagi masyarakat industri kerajinan dan batik. Setiap  tahun DKB terbit 2 (dua) kali  setiap bulan Juni dan Desember. Pada tahun anggaran 2012 DKB telah terbit 2 (dua) kali.

Pada semester pertama terbit  volume 31 berisi 6 (enam) judul, meliputi :

  1. Teknologi Ukir Krawangan pada Bambu Betung (Dendrocalamus Asper);
  2. Penilaian (Assesment) Kandungan Komponen Teknologi Humanware pada IKM (Studi Kasus: IKM Mebel Provinsi DI. Yogyakarta;
  3. Pengunaan Konsentrasi Amonium Sulfida pada Pewarnaan Logam Perak;
  4. Semantika dalam Perkembangan Desain Produk Permainan Congklak Jogja dan Solo;
  5. Teknologi Proses Sasirangan  dengan Variasi Teknik Jelujur;
  6. Penggunaan Kembali Larutan Bekas Pencelupan Padding Metoda Pencelupan Tunggal MenggunakanZat Warna Remasol pada Salah Satu IKM Batik Cap.

Sedangkan pada Semester  2 (dua) terbit volume 32  berisi 6 (enam) judul, meliputi :

  1. Kajian Estetika Desain Batik Khas Sleman “Semarak Salak”;
  2. Makna Motif Mirong Bangsal Witana dan Bangsal Manguntur Tangkil Keraton Yogyakarta;
  3. Tinjauan Ekonomi Penerapan Produksi Bersih di IKM Pelapisan Emas/Perak untukPerhiasanImitasi;
  4. Penelitian Pembuatan Arang Bambu (Bamboo Charcoal) pada Suhu Rendah untuk Produk Kerajinan;
  5. ModifikasiPaper Cutter untuk kerajinan Chenille Strips;
  6. PengaturLimbah Cair Industri Pelapisan Logam Terhadap Kandungan Cu, Zn, Cn, Ni, Ag dan SO4dalam Air Tanah Bebas di Desa Banguntapan Bantul.

Adapun permasalahan dalam penerbitan majalah adalah masih kurangnya minat para fungsional untuk menulis, dan jumlah penerbitan yang masih 150 ekskurang sesuai yang dianjurkan oleh LIPI batasan minimal 300 eks.

Disamping sebagai media bagi para pejabat fungsional BBKB untuk mengsosialisasikan hasil litbangnya di DKB, Redaksi Majalah Ilmiah Dinamika Kerajinan dan Batik (DKB) memberi kesempatan  para Peneliti/Dosen/Tenaga Pengajar dari luar Balai Besar Kerajinan dan Batik untuk mengisi tulisan/ berupa artikel ilmiahnya yang berupa laporan penelitian dan pengembangan dan artikel tinjauan  yang ada hubungannya dengan kerajinan dan batik dengan persyaratan sebagai berikut :

  1. Penulisan artikel  di bidang kerajinan dan batik khusus yang berkaitan dengan Teknologi Industri dan Lingkungan.
  2. Artikel diserahkan kepada redaksi DKB Jl. Kusumangera No.7 Yogyakarta dalam bentuk ketikan (hardcopy) dan softcopy (dalam format Microsoft Word atau Adobe Pagemaker) di atas kertas A4 dengan spasi rangkap sesuai dengan format tulisan ilmiah DKB dan selanjutnya  artikel akan disunting oleh dewan penyunting, paling lambat akhir September setiap tahunnya
  3. Abstrak terdiri dari 50-75 kata dalam 1 (satu) paragraph. Spasi tunggal disertai 3-4 kata kunci dan ditulis dalam 2 (dua) bahasa (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris)
  4. Penulis artikel melengkapi identitas diri dengan melampirkan Curriculum Vitae (CV)
  5. Majalah Ilmiah Dinamika Kerajinan dan Batik (DKB) terbit 2 (dua) kali setahun dan setiap kali terbit terdiri dari  6 (enam) naskah dengan komposisi 5 (lima) penulis dari BBKB dan 1 (satu) penulis di luar BBKB.

Berkenaan dengan informasi DKB yang dimuat dalam warta BBKB kami berharap mampu menginspirasi para pembaca untuk terus berupaya meningkatkan  kreatifas dan inovasi baru dalam menghasilkan karya ilmiah serta  dapat memberikan konstribusi nyata dalam menyerbarluaskan  hasil penelitian dan pengembangan kerajinan dan batik baik dalam lingkup intern muapun extern  BBKB.

Bagikan di Media Sosial Anda