Jumlah Data : 7026
No | Judul | Abstrak | Pengarang | Penerbit | Tahun | Subyek |
---|---|---|---|---|---|---|
165 | Motif Batik Klasik Legendaris dan Turunannya Kode Panggil: 75.02 Kus m |
Batik yang sering disebut sebagai warisan budaya nenek moyang bangsa Indonesia yang memiliki nilai adiluhung dan harus dilestarikan itu sebenarnya hanya dapat diklaim oleh 'batik-batik'. Bukan batik kekinian yang diprodukasi atas nama tren mode, tuntutan selera pasar yang sama sekali sudah tidak punya "roh" atau "jiwa". Motif batik yang tergolong klasik jumlahnya ribuan, tetapi di antara itu ada motif-motif yang tergolong sebagai motif babon (induk) yang legendaris, yaitu motif-motif di samping kepopulerannya, juga motif yang banyak digunakan pada ritual dalam kehidupan orang jawa. Mulai upacara terkait kelahiran, pertumbuhan dalam kehidupan seseorang, pernikahan, serta berbagai perlambang dalm menjalani kehidupan hingga saat upacara kematian. Banyak kalangan yang meyakini bahwa tatanan seperti ini bermula semenjak era kraton mataram islam yang berdiri sekitar abad ke-16 tepatnya pada tahun 1582 di Pulau Jawa. Bahkan diduga bahwa istilah batik dan ambatik baru digunakan pada era ini. | Adi Kusrianto | Andi | 2021 | batik |
166 | A Royal Treasure: The Javanese Batik Collection of King Chulalongkorn of Siam Kode Panggil: 75.02 Glu a |
Diproduksi dengan mewah termasuk kain langka, berusia lebih dari satu abad, terpelihara dengan indah. Pemandangan istimewa dari koleksi kerajaan. Detail desain kain close-up Pada masing-masing dari tiga kunjungannya ke Indonesia, Raja Raja Thailand Chulalongkorn pulang ke Siam dengan potongan batik buatan tangan. Diawetkan oleh biro rumah tangga kerajaan di Grand Palace sejak tahun 1910, tahun wafatnya raja, koleksi berjumlah lebih dari 300 buah dan hari ini menyediakan dokumentasi kunci dari Batik yang dibuat di Jawa Barat dan Jawa Tengah selama paruh kedua abad ke-19- abad, dengan banyak barang langka dan indah dari studio terkenal saat itu, koleksi indah ini dipresentasikan kepada publik untuk pertama kalinya di Museum Tekstil Queen Sirikit di Bangkok pada Oktober 2018. Diterbitkan bertepatan dengan pameran, A Royal Treasure berisi katalog rinci koleksi dan disempurnakan dengan foto-foto arsip langka dari perjalanan raja, catatan tanda tangan asli yang menunjukkan nama pola dan siapa yang diizinkan memakainya, dan label inventaris istana. Diproduksi secara mewah, dan ditulis serta diteliti oleh para ahli terkemuka di bidangnya, buku ini merupakan kontribusi penting bagi bidang tekstil Indonesia dan pesta visual bagi pecinta tekstil di seluruh dunia. | Dale Carolyn Gluckman dkk | Queen Sirkit Museum of Textiles | 2018 | batik |
167 | Aku & Filosofi Batik Kode Panggil: 82.3 Bar a |
Motif batik memiliki filosofi dan arti tersendiri bagi pemakainya.aku suka dengan batik karena aku orang Indonesia. Sprei dan bahkan selimut yang aku pakai kain batik (jarit), alasannya karena kainnya ringan dan tetap hangat. Aku dan keluarga besarku juga suka batik. (Batik Kehidupan) Secara tidak langsung, adikarya bangsa ini mampu membangkitkan ruh semangat dalam menjalankan kehidupan ini. Batik juga mampu menjadi alat pemersatu dan mempererat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (Batik, Kearifan Lokal Pemmersatu Bangsa) Ternyata, pada 2 Oktober 2009 batik Indonesia mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (masterpiecies of the Oral an Intangible Heritage of Humanity). (Belajar Mengenal dan Mencintai Batik Asli) | Barokatussolihah | Azkiya | 2021 | |
168 | Petunjuk Teknis Alat Canting Tulis Kode Panggil: 75.02 Fit p |
Buku ini menguraikan tentang bagian-bagian, nama, dan ukuran canting tulis. Sebagaimana diketahui, canting tulis adalah alat untuk menorehkan lilin panas pada kain dalam proses membatik. Kemudian ditambahkan informasi mengenai persiapan sebelum mencating, cara memegang canting, dan berbagai masalah dalam mencanting. Sebagai penutup dilengkapi dengan cara pemeliharaan canting dan Kesehatan dan Keselamatan Kerja ketika bekerja menggunakan canting. | Aprilia Fitriani | Balai Besar Kerajinan dan Batik | 2021 | Batik |
169 | Petunjuk Teknis Mengoperasikan Alat Mesin Jahit Highspeed Kode Panggil: 687.053 Sul p |
Tika Sulistyaningsih | Balai Besar Kerajinan dan Batik | 2021 | ||
170 | Konservasi Dibalik Motif Tenun Dayak Iban Kapuas Hulu - Kalimantan Barat Kode Panggil: 677.024 Pur k |
Buku ini berisi tentang upaya konservasi dibalik motif tenun Dayak Iban di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Merupakan catatan yang berasal dari sudut pandang para pelaku, peminat, pemerhati, aktivis, dan pengkaji kain tenun Pua Kumbu, hutan dan sumber daya alam, peningkatan ekonomi komunitas dan penelitian sosial budaya. Kajian utama dalam buku ini mengenai kain tenun khas Iban atau Pua Kumbu yang selama berabad-abad menjadi bagian terdalam pada kebudayaan Orang Dayak Iban yang menempati posisi sakral. Namun, dalam berbagai konteks juga menjadi barang konsusmsi sehari-hari, seiring waktu peranan dan penggunaannya pada komunitas Iban seperti naik-turun, walaupun tidak pernah benar-benar hilang. Adanya kekhawatiran berpindahnya motif, corak, dan teknik khas akibat perdagangan dan interaksi dengan banyak pihak. Di sinilah buku ini menjadi penting, sebagai sebuah upaya untuk mewujudkan bagaimana tenun orang Dayak Iban sangat berharga dan melindungi Intelectual Property di bidang tenun. Menjadi penting bahwa tenun Iban terkait dengan banyak aspek sosial, budaya, ekonomi, sampai kelestarian hutan di luar urusan tenun itu sendiri. | Semiarto Aji Purwanto | Yayasan Kenaekaragaman Hayati Indonesia | 0000 | Tenun |
171 | Nuansa Batik di Perpustakaan Balai Besar Kerajinan dan Batik Kode Panggil: 75.02 Car n |
Merupakan kumpulan tulisan tentang koleksi buku bertemakan batik di perpustakaan Balai Besar Kerajinan dan Batik. Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) adalah unit pelaksana teknis di lingkungan Kementerian Perindustrian yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Industri (BDKJi). Penulis menyajikan buku dan majalah tersebut dalam berbagai sub tema. beberapa tulisan pernah dipublikasikan melalui website, seminar, koran ataupun sebagai materi dalam kulwap yang diselenggarakan oleh BBKB. | Ivone De Carlo | Stiletto Indie Book | 2021 | batik |
172 | Petunjuk Teknis Pengoperasian Alat Magnetic Stirrer Kode Panggil: 75.02 Fit p |
Aprilia Fitriani | Balai Besar Kerajinan dan Batik | 2020 | ||
173 | Batik The Art and Craft Kode Panggil: 75.02 Kel b |
Berisi penjelasan yang komprehensif dan menarik tentang asal usul dan sejarah batik yang dilengkapi dengan contoh teknik dan desain. Dilanjutkan bagaimana menciptakan batik dengan metode modern. Teksnya jelas dan mudah diikuti. Format langkah-demi-langkah yang sederhana akan memungkinkan para penggemar seni untuk menyelidiki media yang bermanfaat dan kreatif ini. Contoh batik oleh seniman modern, menunjukkan apa yang bisa dilakukan dengan kerajinan, keterampilan, dan imajinasi. Penulis membawa pembaca melalui semua aspek pembuatan batik. Mulai dari pencelupan sederhana, atau pewarnaan ikat, hingga pewarnaan bagian, dan pola lima atau enam warna yang lebih rumit. Bahan dasar, campuran kain, suhu lilin dll, dibahas sepenuhnya, dan yang lebih penting, masalah praktis yang sering dihadapi oleh seorang pemula dijelaskan dengan cermat. | Ila Keller | Charles E. Tuttle Company Publishes | 1970 | batik |
174 | Adiwastra Nusantara Kode Panggil: 746 Ach a |
Kain, apakah ditenun, dipukul, diikat atau dirajut, jauh lebih banyak daripada pakaian di Indonesia. Selama berabad-abad telah berfungsi untuk mengikat orang, keluarga, dan komunitas, untuk menghasilkan pendapatan, menampilkan status keluarga dan keterampilan teknis pembuatnya, untuk mengingatkan pemirsa, melalui pola simbolis, etika, kewajiban moral, dan makna yang lebih dalam kehidupan, membuat bilik untuk pelaksanaan ritual, melindungi dan memberkati, dan membedakan satu kelompok orang dari yang lain, atau mengungkapkan identitas kelompok. Indonesia modern, kain yang dibuat secara tradisional terus memberikan sandang, penutup, pekerjaan, dan pendapatan, tetapi nilai-nilai lainnya kehilangan atau kehilangan relevansinya. Namun, satu hal yang tetap konstan adalah peran kain sebagai ekspresi identitas. Orang Indonesia bangga mengenakan tekstil khas mereka dan biasanya memiliki koleksi kecil barang-barang warisan superlatif untuk digunakan pada acara-acara khusus, seperti pernikahan. Di atas fondasi yang kaya akan koleksi warisan inilah Himpunan Wastraprema, sebuah perkumpulan orang-orang yang berdomisli di Jakarta dan sangat tertarik dengan tekstil tradisional, menyelenggarakan pameran "Adiwastra Nusantara Mahakarya Kepulauan" pada bulan April 2008. Buku ini, sebuah katalog pameran, menyajikan foto-foto berwarna dari tekstil yang paling menonjol dalam pameran tersebut. Ini adalah perayaan tradisi tekstil Indonesia dan kesaksian keterampilan pembuatnya. | Judi Achjadi | Dian Rakjat Publishing | 2010 |