Koleksi Buku Perpustakaan BBKB

NoJudul Abstrak Pengarang Penerbit Tahun Subyek
81 Daftar Tajuk Subjek Dalam Bahasa Indonesia
Kode Panggil: 025.49 Sul d c.1
Sulistyo - Basuki C.V. Sagung Seto 2012 Tajuk Subyek
82 'Batik Dekod' pengembangan motif batik Pekalongan di tengah industri kreatif
Kode Panggil: 75.02 Pem b
Pemerintah Kota Pekalongan Indonesia Creatif Center 2011 Batik
83 Khasanah Batik Indonesia
Kode Panggil: 75.02 Kem k
Batik secara historis berasal dari zaman nenek moyang yang dikenal sejak abad XVII yang ditulis dan dilukis pada daun lontar. Saat itu motif atau pola batik masih didominasi dengan bentuk binatang dan tanaman. Namun dalam sejarah perkembangannya batik mengalami perkembangan, yaitu dari corak -corak lukisan binatang dan tanaman, beralih pada motif abstrak yang menyerupai awan, relief candi, wayang beber dan sebagainya. Khasanah budaya Bangsa Indonesia yang demikian kaya telah mendorong lahirnya berbagai corak dan jenis batik tradisional dengan ciri kekhususannya sendiri. Buku ini ditujukan untuk seluruh pihak terkait batik dari jajaran instansi pemerintah, para pelaku UKM batik di Indonesia, serta asosiasi yang berperan dalam pengembangan batik di Indonesia. Kementerian Perdagangan Republik Indonesia 2015 Batik
84 Nirmana Batik
Kode Panggil: 75.02 Ast n
Buku Nirmana Batik Edisi Perdana cetakan kedua, karya penulis Sri Puji Astuti. Buku ini terdiri atas sembilan bab. Bab I sampai dengan IV teori-teori Nirmana. Bab V membahas tentang implementasi Nirmana dalam desain. Bab VI membahas tentang batik beserta definisinya. Bab VII dan VIII membahas khusus tentang Nirmana dan implementasinya pada batik. Bab IX membahas tentang ekplorasi batik. Sri Pujii Astuti Universitas Pekalongan Press 2017 Desain, batik
85 Tradisi Tenun Ikat Nusantara
Kode Panggil: 667.024 Gra t
Tenun ikat merupakan sumber pendapatan tambahan yang penting bagi perempuan di beberapa daerah di Indonesia, di mana berbagai gaya tenun dibuat dengan ciri khas setempat. Di sebelah kiri terdapat potret seorang perempuan sedang menenun kain geringsing di desa Tenganan di Bali, menggunakan alat tenun gedhog di tempat teduh di serambi rumahnya. Desa Tenganan merupakan salah satu dari sedikit tempat di dunia yang masih membuat wastra dengan teknik ikat ganda; pembuatannya meliputi proses pengikatan dan pencelupan motif pada benang lungsi dan benang pakan secara terpisah sebelum ditenun. Benny Gratha & Judi Achjadi Bab Publishing Indonesia 2016 Tenun Ikat
86 Batik Indonesia & Sang Empu : Go Tik Swan Panembahan Hardjonagoro
Kode Panggil: 75.02 Isk b
Batik Indonesia menjadi fokus dalam buku ini karena lewat Batik Indonesialah Go Tik Swan Panembahan Hardjonagoro memulai kariernya sebagai seniman batik, sampai akhirnya menjadi sosok yang dianggap oleh berbagai kalangan sebagai empu batik. Dalam buku ini juga disajikan profil singkat Srihana, sebuah galeri batik dan berbagai perlengkapan busana nasional lainnya, yang sejak puluhan tahun lampau bekegiatan antara lain membantu siapa pun untuk mendapatkan batik-batik karya Go Tik Swan. Buku ini diharapkan dapat menjadi pintu masuk bagi siapa saja yang ingin mengenal lebih jauh sosok Go Tik Swan Panembahan Harjonagoro beserta karya-karya batiknya, terutama Batik Indonesia Neneng Iskandar Tim Buku Srihana 2011 Batik
87 Dunia Batik Seorang Jultin
Kode Panggil: 75.02 Nat d
Sejak dahulu berbagai peristiwa ekonomi, sosial, politik, budaya telah membuat Jawa Barat menjadi belanga pencampuran berbagai budaya. Ini semua terlihat dari kain yang diproduksi, terutama pengaruh dari provinsi tetangga (Jawa Tengah), sebagai salah satu pengaruh tebesar yang jejak-jejaknya begitu jelas selain pengaruh bangsa asing yang kental mewarnai batik di pesisir Pantai Utara Provinsi Jawa Barat. Buku ini bukan saja membahas perkembangan batik Jawa Barat, tetapi juga memperkenalkan secara singkat budaya tekstil/kain di Tatar Sunda. Koleksi pribadi Jultin H. Kartasasmita yang ada didalam buku ini menjadi cerminan kayanya budaya batik di Provinsi Jawa Barat E.A Natanegara & Judi Knight Achjadi Red & White Publishing 2012 Batik
88 Mosaic of Indonesian Batik
Kode Panggil: 75.02 Asa m
Buku Mozaik Batik Indonesia mencoba membantu para penggemar batik yang ingin mempelajari perkembangan sejarah dan budaya yang ditunjukkan oleh keanekaragaman pola ragam hias batik Indonesia. Pola ragamhias ini juga memperlihatkan adanya penagruh budaya dari Arab, Eropa, China, Jepang dan India. Tradisi budaya batik adalah warisan yang diturunkan dari generasi ke generasi, dan hal tersebut berkaitan dengan identitas budayadan agama masyarakat Indonesia dilihat dari arti simbolis warna dan coraknya Prof. Kusnin Asa Red & White Publishing 2014 Batik
89 The Glory of Batik : The Danar Hadi Collection
Kode Panggil: 75.02 Ach g c.1
Judi Achjadi PT BATIK DANAR HADI 2011 Batik
90 Natural Dyes: Ensiklopedia zat Warna Alami dari Tumbuhan untuk Industri Batik
Kode Panggil: 667 Suh n c.2
Setiap warna batik memiliki arti khusus yang terkait dengan kehidupan dan budaya. Sejak abad ke 17, para pembatik Indonesia telah menggunakan pewarna alami untuk mewarnai batik Indonesia. Pewarna alami bersifat ramah lingkungan dan tidak menyebabkan hal buruk pada kesehatan manusia. Lebih dari 150 jenis tanaman di Indonesia mampu memproduksi zat warna alami. Bagian-bagian tanaman seperti kulit kayu, dedaunan, akar, bunga, biji-bijian, buah-buahan, dan getah diambil dan kemudian diolah dengan berbagai bahan pewarna lain dalam jumlah tertentu untuk menghasilkan pewarna. Buku ini memberikan pengetahuan tentang aneka jenis tanaman penghasil zat warna alami terutama untuk industri batik dan kerajinan kecil dan menengah maupun pengguna umum, yang merupakan hasil penelitian oleh penulis di Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta. Dwi Suheryanto C.V Andi Offset 2017 Zat Warna Alam
91 Natural Dyes: Ensiklopedia zat Warna Alami dari Tumbuhan untuk Industri Batik
Kode Panggil: 667 Suh n c.3
Setiap warna batik memiliki arti khusus yang terkait dengan kehidupan dan budaya. Sejak abad ke 17, para pembatik Indonesia telah menggunakan pewarna alami untuk mewarnai batik Indonesia. Pewarna alami bersifat ramah lingkungan dan tidak menyebabkan hal buruk pada kesehatan manusia. Lebih dari 150 jenis tanaman di Indonesia mampu memproduksi zat warna alami. Bagian-bagian tanaman seperti kulit kayu, dedaunan, akar, bunga, biji-bijian, buah-buahan, dan getah diambil dan kemudian diolah dengan berbagai bahan pewarna lain dalam jumlah tertentu untuk menghasilkan pewarna. Buku ini memberikan pengetahuan tentang aneka jenis tanaman penghasil zat warna alami terutama untuk industri batik dan kerajinan kecil dan menengah maupun pengguna umum, yang merupakan hasil penelitian oleh penulis di Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta. Dwi Suheryanto C.V Andi Offset 2017 Zat Warna Alam
92 Makna Simbolik Batik Keraton Cirebon
Kode Panggil: 75.02 Iri m
Batik Keraton Cirebon adalah warisan budaya yang intangible tak benda dari generasi terdahulu yang mencerminkan kearifan lokal yang mengesankan dengan berbagai makna simboliknya yang menarik untuk digali lebih dalam dan untuk diambil manfaatnya bagi kesejahteraan masyarkat baik lahir maupun batin. BatikKeraton Cirebon merupakan kekayaan budaya yang bersinar terang mengiringi zaman keemasan Caruban Nagari. Dengan kebesaran budaya. Batik Keraton Cirebon mengangkat harkat dan martabat diri pribadi yang mengenakannya. Batik Keraton Cirebon menjadi penget (alat penginat-ingat ) mencapai keluhuran pakarti yang pada gilirannya memberikan warna yang teguh pada karakter bangsa melalui budaya yang adi luhung, budaya yang berlandaskan kepada rasa keindahan yang berhubungan dengan sang pencipta yaitu Allah SWT. Dengan rasa bangga, kita dapat mewariskan kepada generasi berikutnya Batik Keraton Cirebon dengan makna simboliknya, untuk dilestarikan dan dikembangkan dengan harapan cahaya kharisma yang mulai memudar bisa bersinar kembali dengan lebih terang untuk mengangkat jati diri dan martabat bangsa. Bambang Irianto Deepublish 2015 Batik
93 Dibalik Makna 99 Desain Batik
Kode Panggil: 75.02 Yud d
Pembahasan dalam buku sebagai berikut Bagian I Pendahuluan Bagian II Sejarah Perkembangan Batik Bagian III Batik Sebagai Tradisi Bagian IV Ragam dasar Motif Batik Bagian V 99 Motif Batik Karya Naufal Anggito Yudhistira Naufal Anggito Yuhistira In Media 2014 Batik
94 Budaya Batik Dermayon
Kode Panggil: 75.03 pra b c.2
Batik merupakan karya kriya, yang terdapat unsur motif hias berwujud bentuk, garis, dan warna dalam satu komposisi rupa serta mengandung makna simbolis dan nilai filosofis. Batik yang berkembang di masyarakat pedalaman berbeda dengan yang di pesisiran. Perbedaan ini juga menggambarkan simbol strata sosial dan budaya. Salah satu batik pesisiran yang berkembang di sekitar pantai Utara pulu Jawa adalah Batik Dermayon. Batik Dermayon ini dikembangkan oleh perempuan pesisiran Indramayu. Motif batik ini berkembang dari waktu ke waktu karena ada perkembangan budaya yang berpengaruh terhadap pengembangan estetik dan teknik. Saat ini ada sekitar 143 motif batik yang dikenal dengan batik Dermayon. Pengaruh Demak, Lasem, dan Jepara terhadap batik Dermayon tampak pada beberapa motif yang mirip dengan motif pesisiran Jawa Tengah. Hal ini diperkuat oleh keterangan salah seorang pekriya, yang menyatakan bahwa di Indramayu terdapat keturunan etnis Jawa Tengah. Bagaimana peran perempuan Indramayu dalam membangkitkan batik Dermayon? Dari mana asal muasal budaya pesisiran Indramayu? Apa saja alat dan bahan yang digunakan pekriya dalam membuat batik Dermayon? Kemudian, apa makna dari berbagai motif Batik Dermayon? Semua pertanyaan itu dapat terjawab jika kita membaca buku “Budaya Batik Dermayon” ini secara utuh. Karena itu, sebagai pecinta budaya, penikmat seni, ataupun penggemar buku-buku yang berkarakter etnis, sangat cocok memiliki buku ini. Para mahasiswa Seni Rupa dan Seni Budaya pun disarankan memiliki buku “Budaya Batik Dermayon” ini, sebagai sumber referensi ataupun koleksi buku ini. Nanang Ganda Prawira PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera 2018 Batik
95 Budaya Batik Darmayon
Kode Panggil: 75.02 Pra b c.2
Batik merupakan karya kriya, yang terdapat unsur motif hias berwujud bentuk, garis, dan warna dalam satu komposisi rupa serta mengandung makna simbolis dan nilai filosofis. Batik yang berkembang di masyarakat pedalaman berbeda dengan yang di pesisiran. Perbedaan ini juga menggambarkan simbol strata sosial dan budaya. Salah satu batik pesisiran yang berkembang di sekitar pantai Utara pulu Jawa adalah Batik Dermayon. Batik Dermayon ini dikembangkan oleh perempuan pesisiran Indramayu. Motif batik ini berkembang dari waktu ke waktu karena ada perkembangan budaya yang berpengaruh terhadap pengembangan estetik dan teknik. Saat ini ada sekitar 143 motif batik yang dikenal dengan batik Dermayon. Pengaruh Demak, Lasem, dan Jepara terhadap batik Dermayon tampak pada beberapa motif yang mirip dengan motif pesisiran Jawa Tengah. Hal ini diperkuat oleh keterangan salah seorang pekriya, yang menyatakan bahwa di Indramayu terdapat keturunan etnis Jawa Tengah. Bagaimana peran perempuan Indramayu dalam membangkitkan batik Dermayon? Dari mana asal muasal budaya pesisiran Indramayu? Apa saja alat dan bahan yang digunakan pekriya dalam membuat batik Dermayon? Kemudian, apa makna dari berbagai motif Batik Dermayon? Semua pertanyaan itu dapat terjawab jika kita membaca buku “Budaya Batik Dermayon” ini secara utuh. Karena itu, sebagai pecinta budaya, penikmat seni, ataupun penggemar buku-buku yang berkarakter etnis, sangat cocok memiliki buku ini. Para mahasiswa Seni Rupa dan Seni Budaya pun disarankan memiliki buku “Budaya Batik Dermayon” ini, sebagai sumber referensi ataupun koleksi buku ini. Nanang Ganda Prawira PT SARANA TUTORIAL NURANI SEJAHTERA 2018 Batik
96 Pesona Bisnis Batik Yang Unik Dan Eksotik
Kode Panggil: 75.02 Nil p
Peluang bisnis batik masih terbuka lebar. Pasarnya yang besar dan beragam jenis konsumen di bisnis ini masih menjanjikan keuntungan menggiurkan. Apalagi sekarang batik sudah bukan konsumsi orang-orang tua saja, tetapi orang muda pun sudah tidak asing lagi dengan batik dengan model dan jenis kain batik yang beragam. Batik sekarang ini tidak hanya berupa pakaian, tetapi bisa juga dikreasikan menjadi berbagai karya lainnya. Seperti aksesoris dari batik, sepatu dan sandal dari batik, peralatan rumah tangga dari batik, dan lain-lain. Tentu saja dengan menggunakan batik sebagai bahan utamanya. Atau bahkan batik bisa dimodifikasi dengan bahan selain batik atau dengan menggunakan teknik seperti patchwork misalnya. Jadi siapa bilang batik itu kuno? Boleh dibilang batik masih mempunyai pasar potensial dan masih bisa terus dikembangkan. Ide-ide kreatif bisnis batik terus berkembang. Batik sekarang tidak hanya ditemukan di  sentra-sentra batik seperti di beberapa kota di Indonesia seperti Cirebon, Pekalongan, Solo, dan lain-lain. Tetapi juga bisa ditemukan di daerah-daerah lain, bahkan sudah naik gengsi masuk ke dalam mall-mall besar dan eksklusif. Temukan peluang besar yang ada di dalam batik. Jadikan batik tidak hanya menjadi sumber uang Anda, tetapi sekaligus untuk melestarikan budayanya. Eva Sativa Nilawati C.V Andi Offset 2011 Batik
97 Cerita Batik Iwet Ramadhan
Kode Panggil: 75.02 Ram c
Cerita Batik adalah sebuah kisah tentang kain cantik warisan leluhur yang sarat makna. Begitu besar kecintaan IwetRamadhan akan karya seni bercita rasa tinggi ini, maka dibaginya lewat buku iniagar kisahnya dapat terus bertahan hingga nanti. Apa itu batik? Bagaimana proses Bagaimanaproses pembuatannya? Apa saja jenis motifnya? Bagaimanapula cara merawatnya? Bagaimananasib para pengrajinnya? Benarkah kain cantik bermotif indah ini asli Indonesia? Jawabannya dapat ditemukan dalam kisah yang dituturkan dengan indah ini. Iwet Ramadhan penerbit literati 2013 Batik
98 Membatik
Kode Panggil: 75.02 Set m
Batik berasal dari bahasa Jawa amba dan titik yang berarti menulis dan titik. Batik merupakan kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi sejak dahulu kala dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia, khususnya jawa. Pada awalnya batik hanya dikenakan oleh raja-raja Jawa zaman dahulu, bercorak tradisional, dan merupakan batik tulis asli. Kini, batik berkembang dengan teknik-teknik yang lebih modern, seperti batik cap dan batik lukis. Ada dugaan bahwa teknik batik berasl dari bangsa Sumeria. Masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang dari India, kemudian berkembang di Jawa. Destin Huru Setiati PT Macanan Jaya Gemerlang 2008 Batik
99 Batik Lukis Basu SD
Kode Panggil: 75.02 Haq b
Buku ini tidak hanya memuat pengetahuan yang perlu diketahui perihal batik, akan tetapi juga memasukkan unsur pemasaran dari produk batik tulis. Uraian dalam buku ini juga menjadi contoh bahwa usia tidak membatasi seseorang untuk berkarya. Kedisiplinan, kesabaran, keuletan, dan juga kerja keras akan membawa kepada kesuksean Diharapkan dengan buku ini akan lahir para pembatik muda yang memiliki wawasan luas dan mampu membawa lebih banyak karyanya ke kancah dunia internasional. Marissa Haque & Meta Ayu Threskova Kaki Langit Kencana 2012 Batik
100 Sinergi Zat Warna Alam Batik
Kode Panggil: BBKB 667.211 Isn s
Isnaini Balai Besar Kerajinan dan Batik 2018