Kementerian Perindustrian akan terus mendorong Balai Besar & Baristand dalam mengembangkan litbang unggulannya, sehingga akan muncul berbagai inovasi baru. Hal ini disampaikan Inspektur Jenderal, Kemenperin Bapak Komjen. Pol. Drs. Setyo Wasisto, S.H.ketika berkunjung ke Balai Besar Kerajinan dan Batik (1/2)

Dalam melakukan aktifitasnya, para pegawai yang memanfaatkan berbagai ruang laboratorium khususnya para peneliti dan perekayasa untuk selalu menjaga keamanan dan keselamatan, karena hal ini merupakan kebutuhan bersama yang harus kita jaga “ungkapya”, ketika ketika memberikan sambutan terkait paparan safety induction yang disampaikan BBKB.

Disamping itu, BBKB yang merupakan UPT di daerah di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI), Kemenperin sebagai balai yang fokus pada litbang industri batik dan kerajinan, mesti menampilan produk yang menjadi unggulannya. Apalagi UNESCO telah mengukuhkan bahwa batik sebagai warisan budaya tak benda yang berasal dari Indonesia.

Keppres No. 33 Tahun 2009 tanggal 17 November 2009 telah menetapkan bahwa tanggal 2 Oktober sebagai HARI BATIK NASIONAL .Sehingga setiap  tanggal 2 Oktober di peringati hari batik .  Tentu ini menjadi suatu kebanggaan dan sekaligus tantangan bagi  kita, agar terus mengembangkan, melestarikan, memelihara dan melindungi batik sebagai Warisan Budaya secara berkelanjutan.

Batik sebagai produk handmade yang produksinya melalui proses yang panjang, setiap motifnya memiliki makna dan arti yang mendalam,  karena di dalam motif-motif Batik tersebut mengandung makna filosofi yang tinggi. Untuk itu kita yang harus menjaga dan menghargainya.

Dalam lawatan tersebut Bapak Komjen. Pol. Drs. Setyo Wasisto, S.H. di dampingi Sekretaris  Irjen Bapak Ir.Liliek Widodo, Msi dan para pejabat lain Kemenperin, dan sekaligus meninjau berbagai sarana layanan publik, ruang pamer dan laboratorium batik serta tenun di  BBKB. Ketika berkunjung di Laboratorium Irjen Kemenperin beserta rombongan sempat melakukan pembatikan pada beberapa helai kain yang telah disiapkan.

 

Share

  • Share on Facebook
  • Share on Twitter