138


Yogyakarta, 18 Januari 2024 - Ny. Dra. Zulmiyetti Zul Elfian Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Solok bersama Erbatsi Susmita, SE.MM, Pengurus Bidang Komunikasi dan Informasi Dekranasda Kota Solok melakukan kunjungan kerja di Balai Besar Standardisasi Pelayanan Jasa Industri Kerajinan dan Batik (BBSPJIKB), Kementerian Perindustrian di Yogyakarta. Kunjungan ini bertujuan untuk upaya meningkatkan kualitas dan daya saing produk batik dari UKM di Kota Solok. Kepala Balai Besar Standardisasi Pelayanan Jasa Industri Kerajinan dan Batik, Budi Setiawan didamping Ketua Tim Kerja Pengembangan Jasa Industri Aan Eddy Antana, menyambut hangat rombongan dari Kota Solok di ruang kepala balai.

Solok 1

Diskusi dimulai dengan Zulmiyetti Zul Elfian mengutarakan beberapa permasalahan yang dihadapi oleh UKM batik di wilayahnya. Salah satu isu yang diangkat adalah sulitnya memperoleh dan membuat bahan baku serta alat untuk produksi malam di daerahnya, sehingga harus membeli keluar daerah, suatu hal yang krusial dalam proses pembuatan batik. Zulmiyetti Zul Elfian juga mengungkapkan keinginan untuk meningkatkan kualitas produk batik yang dihasilkan oleh IKM Batik di Kota Solok. Dalam respon positif, BBSPJIKB memberikan solusi konkret untuk permasalahan yang dihadapi. Mereka menawarkan kerjasama melalui pelatihan pembuatan, pengolahan malam dan limbah malam, serta pelatihan membatik dengan pewarna alam. Selain itu, BBSPJIKB juga menyarankan penerapan sertifikasi SNI produk Batik, Batikmark pada produk-produk UKM Batik di Solok untuk meningkatkan mutu dan daya jualnya.

Solok 3

Ketua Dekranasda Kota Solok sempat mengunjugi Galeri Kriya Wastra Dwipantara sebagai wahana dengan melihat langsung karya batik maupun kerajinan karya BBSPJIKB maupun yang berasal Kabupaten/Kota yang merupakan produk unggulan dari IMKM dari di Indonesia. Dalam kunjungan ini tidak hanya sekadar wacana, tetapi juga sebagai langkah nyata dalam membangun kerjasama yang berkelanjutan untuk pengembangan industri batik maupun kerajinan di Kota Solok.

Bagikan di Media Sosial Anda