Kalibrasi_BBKB

APA ITU KALIBRASI?

Pada umumnya, kalibrasi merupakan proses verifikasi bahwa suatu akurasi alat ukur sesuai dengan rancangannya. Kalibrasi biasa dilakukan dengan membandingkan suatu standar yang terhubung dengan standar nasional maupun internasional dan bahan-bahan acuan tersertifikasi. Kalibrasi merupakan salah satu bagian penting dari proses Conformity Assessment.
Pelaksanaan kalibrasi harus dilakukan oleh laboratorium kalibrasi yang telah terakreditasi, sehingga hasilnya dapat tertelusur sampai standar internasional. Untuk dapat melakukan kalibrasi, maka laboratorium harus mempunyai prosedur kalibrasi, alat kalibrasi yang mampu telusur, teknisi kalibrasi yang berkualifikasi, dan kondisi lingkungan yang memamdai.


APA MANFAAT KALIBRASI?

Untuk mendukung sistem mutu yang diterapkan di berbagai industri pada peralatan laboratorium dan produksi yang dimiliki.
Dengan melakukan kalibrasi, bisa diketahui seberapa jauh perbedaan (penyimpangan) antara harga benar dengan harga yang ditunjukkan oleh alat ukur.


MENGAPA HARUS KALIBRASI?

Bertambahnya umur komponen dan alat serta perubahan karena suhu atau tekanan mekanis terus-menerus. Degradasi kinerja alat (drift) tidak bias dihilangkan, tapi bias dideteksi melalui proses kalibrasi. Alat ukur yang terkalibrasi dengan benar akan memberi keyakinan bahwa produk/jasa tersebut memenuhi spesifikasi


TENTANG KAMI


Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) mempunyai tugas melaksanakan kegiatan penelitian, pengembangan, kerjasama, standardisasi, pengujian, sertifikasi, kalibrasi dan pengembangan kompetensi industri kerajinan dan batik sesuai kebijakan teknis yang ditetapkan oleh Kepala Badan Pengkajian Kebijakan Iklim dan Mutu Industri, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.


LABORATORIUM KALIBRASI BBKB

Menurut pasal 5.6.1 ISO 17025, dinyatakan bahwa semua peralatan yang digunakan untuk pengujian dan/atau kalibrasi, termasuk peralatan untuk pengukuran subsider (seperti kondisi lingkungan) yang mempunyai pengaruh signifikan pada akurasi atau keabsahan hasil pengujian, kalibrasi, atau pengambilan sampel harus dikalibrasi sebelum mulai digunakan. Laboratorium harus mempunyai program dan prosedur yang tetap untuk kalibrasi peralatannya.
Laboratorium Kalibrasi Balai Besar Kerajinan dan Batik telah memperoleh akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional pada tahun 2010 dengan nomer Akreditasi LK-125-IDN, berdasakan SNI 19-17035-2008.

Sebagai laboratorium kalibrasi yang telah terakreditasi, Laboratorium Kalibrasi BBKB telah menerapkan ISO/IEC 17025-2008 dengan memiliki :
-    SDM berkualifikasi dan berpengalaman
-    Kalibrasi dan perawatan peralatan standar
-    Kesesuaian jaminan mutu
-  Kemampuan telusur pengukuran dan sistem kalibrasi ke standar Nasional dan Internasional

*Tarif belum termasuk transport petugas bila kalibrasi dilaksanakan di tempat pelanggan

Share

  • Share on Facebook
  • Share on Twitter