IMG_7152_(Medium)

Dorongan semangat  kebersamaan untuk saling membantu, saling menguntungkan dan menunjang pelaksanaan pendidikan, maka Balai Besar kerajinan dan Batik (BBKB) dan   Universitas Gadjah Mada  (UGM) melakukan penandatangan MoU dalam rangka pengembangan SDM dan sumber daya lain yang terkait dengan fungsi kedua belah pihak. Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kepala BBKB Bapak Ir.Isananto Winursito, M.Eng, Ph.D dan Dekan Sekolah Vokasi UGM Bapak Wikan Sakarinto, ST.M.Sc, Ph.D dilaksanakan di Ruang Sidang II, Gedung Departemen Teknik Elektro dan Informasi Jl. Yacaranda, Sekip Yogyakarta dihadiri pejabat BBKB, Dekan, para Dosen, dan mahasiswa Prodi Metrologi dan Instrumentasi, UGM Yogyakarta (16/3)

Adapun ruang lingkup dalam kesepahaman tersebut, antara lain pembimbingan praktek kerja lapangan   (PKL) mahasiswa; pembimbingan tugas akhir mahasiswa; penelitian kolaboratif untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi; pertukaran tenaga ahli;  serta publikasi bersama dalam pertemuan ilmiah.

Dalam kata sambutannya Dekan Sekolah Vokasi UGM Yogyakarta Bapak Wikan Sakarinto, ST.M.Sc, Ph.D mengatakan bahwa tahun 2017 merupakan tahun terakhir untuk penerimaan mahasiswa D3, kedepan sudah harus merekruit mahasiswa D4 (sarjana terapan). Karena Link and mach merupakan kebutuhan guna menyingkronkan dunia Pendidikan dengan kebutuhan industri. Untuk itu kebutuhan dosen yang berlatar belakang  praktisi sangat diperlukan dalam mendukung Pendidikan Vokasi. Mahasiswa harus terus membuka diri dengan berbagai sarana yang ada guna mendapatkan inspirasi dan ide-ide yang kreatif dan inovatif dalam menghadapi persaingan global.

Pada kesempatan yang sama Kepala BBKB menyampaikan terima kasih atas penandatangan MoU sebagai langkah awal dan kedepan akan ditindaklanjuti dengan kegiatan-kegiatan yang saling menguntungkan dan berkolaborasi dalam pengembangan SDM. Disamping itu juga disampaikan  tugas BBKB, yaitu : melaksanakan kegiatan penelitian, pengembangan, kerjasama, standardisasi, pengujian, sertifikasi, kalibrasi dan pengembangan kompetensi industri kerajinan dan batik sesuai kebijakan teknis yang ditetapkan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI), Kementerian Perindustrian.

Seusai penandatangan MoU kedua belah pihak saling bertukar cinderamata dan dilanjutkan dengan kuliah umum dengan Topik “Kompetensi Lulusan dan Peluang Kerja Mahasiswa D-III Metrologi dan Instrumentasi di Balai Besar Kerajinan dan Batik disampaikan Kepala Seksi Sarana Riset Batik, BBKB Bapak Isnaini.

 

Share

  • Share on Facebook
  • Share on Twitter