Berdasarkan Kepres Nomor 33 Tahun 2009 tanggal 17 November 2009, disebutkan bahwa setiap tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional. Pada tanggal tersebut masyarakat Indonesia dianjurkan memakai busana batik guna meningkatkan citra positif dan martabat batik Indonesia di forum internasional.  Hal itu adalah sebagai salah satu wujud apresiasi yang tinggi untuk Batik Indonesia sebagai salah satu warisan budaya yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

Sejalan dengan hal tersebut, Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta sebagai institusi yang menangani litbang kerajinan dan batik turut berperan aktif dengan menyelenggarakan rangkaian kegiatan dengan tema “Peningkatan Kualitas Produk Batik Melalui Penguatan Litbang dan Pemanfaatan Sumber Daya Lokal”. Dengan tujuan untuk meningkatkan peran Litbang batik guna mengembangkan dan melestarikan  serta menumbuhkan kecintaan terhadap batik Indonesia yang ramah lingkungan. 

Salah satu kegiatan yang akan diselenggarakan pada hari Kamis, 2 Oktober 2014 adalah melaksanakan kegiatan  pawai andong dengan pernak-pernik batik yang diikuti oleh lima bidang di Balai Besar Kerajinan dan Batik dan didukung oleh  Sekolah Menengah Teknologi Industri (SMTI), Kantor Wilayah Kementerian  Agama, Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (BTKP), SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan juga perwakilan dari Pecinta Batik. Kegiatan  pawai andong/karnaval batik akan menampilkan 15 buah andong dengan rute dimulai dari Kantor Balai Besar Kerajinan dan Batik, Jl. Kusumanegara No. 7, berkeliling melalui Jl. Sultan Agung, Jl. Mataram, Jl. Malioboro, Jl. Ahmad Yani, Alun-Alun Utara keraton Yogyakarta, Jl. Brigjen Katamso, Jl. Kolonel Sugiyono, Jl. Taman Siswa dan kembali lagi di Kantor Balai Besar Kerajinan dan Batik.

Secara resmi, rangkaian kegiatan peringatan Hari Batik Nasional akan dibuka oleh Kepala Badan Pengkajian  Kebijakan, Iklim dan Mutu Industri (BPKIMI), Kementerian Perindustrian RI Bapak Aryanto Sagala pada hari Jum'at, 17 Oktober 2014 bertempat di Ruang Aula Lantai, Balai Besar Kerajinan dan Batik, Jalan Kusumanegara No.7 Yogyakarta. Kegiatan lain yang akan diadakan adalah sebagai berikut :

1.      Seminar Batik

Kegiatan seminar Batik akan berlangsung selama 1 (satu) hari dan akan dilaksanakan pada hari Jum'at, 17 Oktober 2014 dengan jumlah peserta sebanyak 78 orang, berasal dari IKM, Instansi Pemerintah/BUMN/Swasta, Perguruan Tinggi, pemerhati dan pecinta batik.

2.      Workshop Batik Zat Warna Alam

Sebagai upaya mengembangkan dan melestarikan batik serta menumbuhkan produk batik yang ramah lingkungan, BBKB akan mengadakan Workshop Batik Zat Warna Alam. Kegiatan ini akan berlangsung selama 1 (satu) hari dan dilaksanakan pada hari Jum'at, 17 Oktober 2014 dengan jumlah peserta  sebanyak 75 orang berasal dari Dharma Wanita Instansi Pemerintah/BUMN/Swasta, Perguruan Tinggi dan Paguyuban Batik Sekar Jagad.

3.      Pameran

Dalam rangka menyemarakan acara Hari Batik guna menumbuhkan kecintaan dan memberikan fasilitasi bagi para perajin batik, BBKB akan menggelar pameran batik yang berkualitas dengan harga terjangkau  yang berlangsung selama 2 (dua) hari dari tanggal 16 - 17 Oktober 2014  bertempat di halaman BBKB dengan melibatkan para perajin batik dari D.I. Yogyakarta dan sekitarnya.

 

Berbagai kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya mengedukasi masyarakat untuk mengenakan ragam busana batik asli guna meningkatkan citra positif bangsa serta menumbuhkan daya saing pengrajin batik lokal.



Share

  • Share on Facebook
  • Share on Twitter