WhatsApp

Koleksi Buku Perpustakaan BBKB

             




Jumlah Data : 7026

No Judul Abstrak Pengarang Penerbit Tahun Subyek
97 Panduan Lengkap Teori dan Praktik Arduino Berbasis Iot Industri 4.0
Kode Panggil: 005.1 Rac p
Dalam era industri 4.0 ini pengetahuan teknologi Internet of Things (IoT) sudah merupakan hal yang harus dikuasai. Buku ini sengaja penulis buat guna dapat membantu bagi kalangan guru dan siswa SMK khususnya Jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) yang akan mulai belajar serta tertarik terhadap pemanfaatan microcontroller ke dalam teknologi loT secara praktis. Hal ini dimungkinkan, karena untuk perangkat lunak maupun perangkat kerasnya relatif sangat mudah didapat serta sangat mudah untuk dapat dipelajarinya. Dalam buku ini akan dikupas secara praktis bagaimana teknik mempraktikkan dan memanfaatkan beberapa sensor yang dapat dikontrol oleh IDE Arduino. Adapun materi dan praktik yang ada dalam buku ini adalah : Memahami dasar cari cara kerja komponen elektronika yang akan dipraktikkan, Memahami cara kerja dari Microcontroller secara umum Memahami dan mengetahui cara kerja dari IDE Arduino Praktikum teknik menyalakan dan mematikan LED Praktikum teknik menyalakan dan mematikan Motor DC Praktikum teknik menyalakan dan mematikan bunyi speaker Praktikum teknik mengaktifkan Push Button Praktikum teknik membuat Automatic Lighting System Sensor Cahaya Praktikum teknik mengukur suhu Praktikum teknik menampilkan text pada LCD (16x2) 12c Praktikum teknik On-Off LED dengan Bluetooth HC-05 Praktikum loT pemonitoran suhu dengan WeMos D1 Mini dengan bantuan Thingspeaks. Oscar Rahman Andi Offset 2022
98 Ornamen Etnis dalam Pengembangan Motif Batik
Kode Panggil: 75.02 Sal o
Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) melaksanakan fungsi organisasi untuk mengembangkan dan menciptakan motif batik yang besifat kedaerahan. Pnciptaan motif batik tersebut didasari dari inspirasi ikon kekayaan alam, simbol, dan nilai-nilai budaya tradisi masing-masing daerah yang merupakan kekayaan bangsa. Daerah Jember, Bali, Makassar, dan Papua mempunyai ikon kekayaan alam, simbol, dan nilai budaya tradisi yang menarik dan unik untuk divisualisasikan dalam motif batik yang khas pada kain. Bahkan akulturasi budaya luar negeri dengan bangsa Indonesia pun dapat menjadi sumber inspirasi penciptaan motif batik. Seperti akulturasi budaya Indonesia-Jepang dalam kerajinan batik kayu Kokeshi, Geta, dan Zori. Motif-motif tersebut menambsh kekayaan perbendaharran motif batik bangsa Indonesia dan dapat diterapkan ke industri batik untuk diproduksi. Irfa'ina R. Salma Balai Besar Kerajinan dan Batik 2020 batik
99 Profil Kementerian Perindustrian Republik Indonesia: Industri untuk Kehidupan yang Lebih Baik
Kode Panggil: 354.81 Kem p
Merupakan salah satu bagian dari upaya Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk memenuhi kebutuhan pemangku kepentingan dan masyarakat luas atas informasi terkait Kemenperin Berisi visi, misi, strategi, organisasi dan unit-unit pendukung, sehingga diharapkan dapat memberikan gambaran secara jelas dan ringkas tentang peran Kemenperin dalam pembangunan nasional. Kementerian Perindustrian 2017
100 Warta Akab: Wahana Komunikasi,Publikasi Dan Informasi Ilmiah
Kode Panggil: 05 Red w 45 Juli 2021
Sri Redjeki dkk Politeknik AKA 2021
101 Pengetahuan Bahan Tekstil Disertai Contoh Kain
Kode Panggil: 677.07 Kus p
Buku ini disusun sebagai referensi untuk membantu para praktisi yang dalam bekerja menggunakan material tekstil (kain) . Selain informasi dasar pengetahuan mengenai material tekstil, juga dimuat istilah-istilah yang terkait dalam menyebut bahan tekstil tersebut. Dalam menyusun buku ini diusahakan semaksimal mungkin untuk mengkompromikan tiga istilah yaitu 1. istilah teknik atau fabrikan 2. istilah yang digunakan dalam mendeskripsikan bahan kain dalam perdagangan internasional 3. isilah yang dikenal di pasartekstil domestic Buku ini memuat uraian foto-foto berwarna dari kain yang dibahas serta dilengkapi banyak contoh-contoh kain utnuk memudahkan pembaca dalam mengenali dan mengananalisis kain sebelum bahan pakaian yang diinginkan Adi Kusriyanto 2020 tekstil
102 Struktur dan Bentuk Kriya Perak dalam Konteks Sosial Budaya Masyarakat Kotaged
Kode Panggil: 671.1 Bah s
Buku Struktur dan Bentuk Kriya Perak dalam Konteks Sosial Budaya Masyarakat Kotagede membahas seni kerajinan perak Kotagede melalui pendekatan antar disiplin. Terdiri dari pendekatan social budaya untuk mengkaji factor ekstraestetik atau factor-faktor yang melatarbelakngi nilai, pengetahuan, keyakinan dan lingkungan yang turut memengaruhi penciptaan karya seni kerajinan perak Kotagede. Pendekatan estetika dan semiotika dimaksudkan sebagai konsep yang digunakan untuk menganalisis objek kajian secara nyata yang menunjuk kepada wujud fisik karya seni kerajinan perak sebagai bentuk ekspresi atau sering disebut factor intaestetik. Hasilnya adalah berupa kajian sitematis holistic yang layak dibaca para mahasiswa S1, S2 ,S3, serta staf pengajar seni rupa. Buku ini juga layak dibaca para pemerhati dan penentu kebijakan di bidang sosisl, politik, ekonomi, dan budaya, serta para pengusaha dan pengelola usaha seni kerajinan. Selain itu, buku ini secara khusus ditujukan untuk memenuhi buku perkuliahan mahasiswa Jurusan Seni Kriya, khususnya Program Studi Kriya Logam, dan mahasiswa Jurusan Desain Produk Industri. Hal ini disebabkan sampai saat ini masih sangat jarang buku-buku terkait dengan kriya logam yang ditulis secara holistic dalam bahasa Indonesia. Nooryan Bahari UNS Press 2012 perak
103 Pendulum Batik Art
Kode Panggil: 75.02 Kud p
Kreativitas dan tradisi bukanlah dua hal yang saling bertentangan. Begitu juga, sains dan tradisi atau kontemporer dan tradisi. Komarudin Kudiya telah membuktikan hal ini melalui karya-karya terbarunya Batik Pendulum. Kreativitas menuntut inovasi, yang hanya dapat dicapai melalui keluasan wawasan, keliaran imajinasi dan cara berpikir di luar rerata (quotient). Komar adalah satu dari sedikit desainer batik yang mampu melampaui rerata imajinasi. Penjelajahan gagasan motif batiknya di luar yang terbayangkan, karena ia menemukan inspirasi dari salah satu prinsip dasar dalam ilmu fisika pendulum. Pendulum adalah bandul yang berayun lurus atau melingkar mengikuti hukum gaya gravitasi semesta. Perjumpaan dengan prinsip dasar sains inilah yang membawa Komar melintas batas-batas tradisi. Buku Batik Pendulum ini melukiskan langkah besar atau terobosan Komarudin Kudiya dalam mengangkat tradisi. Pertama, langkah mendekatkan batik dengan generasi muda agar mencintai batik. Eksplorasi tema pendulum sangat dekat dengan chemistry generasi muda, yang haus akan inovasi estetis berbasis nilai-nilai kontemporer. Karenanya, Batik Pendulum diperkirakan akan menjadi trend setter di masa depan dan juga akan mengangkat tingkat sophistication busana. Kedua, buku ini menawarkan role model bagi generasi muda kreatif dalam menggali gagasan-gagasan inovatif. Bahwa dalam penjelajahan kreatif, desainer harus berani melintas batas-batas terjauh semesta imajinasi, tapi dengan tetap merawat nilai-nilai tradisi. Desainer dapat melintas batas-batas tradisi tetapi tidak tercabut dari akar tradisi. Selamat membaca dan menjelajah semesta imajinasi. Komarudin Kudiya Instangrafika 2022 batik
104 Manajemen Pemasaran Stratejik
Kode Panggil: 658.8 Noo m
Buku ini membahas berbagai teori dan konsep pemasaran stratejik yang diawali dari pengenalan mengenai pemasaran (strategi bersaing, segmentasi, targeting, diferensiasi, positioning, strategi produk, strategi harga, strategi distribusi, dan strategi promosi). Buku ini juga dilengkapi dengan beberapa studi kasus, baik pada bidang bisnis maupun kasus di sektor publik agar buku ini bisa dibaca oleh pelaku bisnis, akademisi, bahkan aktivis politik dan pemerintahan. Dengan memahami pemasaran stratejik, para pembaca dapat merumuskan strategi pemasaran untuk meningkatkan kinerja bisnisnya atau kinerja organisasinya. Bagian akhir buku ini membahas panduan bagaimana menyusun rencana pemasaran stratejik sehingga para pembaca diharapkan mampu menyusun rencana pemasaran stratejik dengan baik. Agar pembaca dapat memahami bagaimana menyusun rencana pemasaran stratejik dengan baik maka buku ini dilengkapi dengan kasus-kasus rencana pemasaran stratejik dari sektor publik dan bisnis. Zulki Zulkifli Noor Deeppublish 2020 pemasaran
105 Kreativitas Pengembangan Wastra Shibotik
Kode Panggil: 75.02 Kud k
Buku Kreativitas Pengembangan Wastra Shibotik akan melengkapi serial batik dengan tajuk kreativitas, menyusul pada buku-buku sebelumnya. Perajin batik akan disuguhkna dengan istilah-istilah unik yang dikemas dari penulis atas pengalaman dalam memproduksi batik yang kita semua tahu bahwa, pekerjaan produksi batik ini merupakan art collective yang artinya melibatkan banyak pemilik keahlian atau keterampilan (artisan), sehingga ketika akan mendelegasikan pekerjaan, sebaiknya sehemat mungkin kata, namun cukup dimengerti dikarenakan ada penjelasan pekerjaan sebelumnya. Shibotik merupakan kolaborasi teknik dalam proses pembuatan wastra bermotif yang dikerjakan dengan proses perintangan warna dan penyusunan ragam hias yang disesuaikan dengan konsep pembuatnya. Pekerjaan dalam membuat wastra shibotik, sebenarnya bukan hal yang baru. Perajin batik sudah banyak yang melakukan cara-cara kreatif dalam melakukan kolaborasi teknik shibori dan proses pembuatan batik menggunakan lilin panas sebagai perintang warnanya. Namun dalam diri perajin batik berhak memuaskan keinginan dan daya kreatifnya dalam melakukan eksplorasi-eksplorasi yang senantiasa akan menghasilkan kepuasan tersendiri. Dalam setiap pekerjaan karya seni batik, selalu menghasilkan sesuatu yang diluar ekspektasi senimannya. Hasil akhir dari sebuah karya seni yang dikerjakan dengan penuh cinta, kriya, karya, dan karsa. Menghasilkan sebuah karya yang penuh dengan warna dan makna. Komarudin Kudiya Instangrafika 2023 batik
106 Kendaraan Tradisional Khas Yogyakarta Pit Onthel (Sepeda kayu) Sebagai Tema Penciptaan Batik Eco Friendly
Kode Panggil: 75.02 War k
Potensi pasar bagi produk batik dan potensi kepariwisataan di wilayah Kota Yogyakarta sangatlah menjanjikan, apalgi didukung dengan predikat sebagai kota tujuan wisata terbesar setelah Bali. Langkah strategis yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi sekaligus mengatasi agar produk batik yang diproduksi dapat menjawab selera pasar yang dinamis sehingga mampu memiliki daya saing produk yang diperhitungkan terutama di era pasar global seperti sekarang ini,salah satu caranya adalah dengan melakukan upaya terobosan melalui penciptaan dan pengembangan produk batik yang inovatif dengan mengambil tema seni budaya lokal, di antaranya adalah dengan mengangkat kendaraan tradisional di Kota Yogyakarta sebagai tema penciptaan produk batik eco friendly atau ramah lingkungan. Hal ini merupakan sebuah langkah dan upaya yang nyata untuk mengangkat nilai tambah khususnya bagi para perajin di wilayah ini. Produk batik ramah lingkungan adalah produk batik yang mempergunakan bahan baku pewarnaan utama yang berasal dari zat warna alami atau non sintetis. Produk yang dikategorikan sebagai produk go green ini dinilai tepat untuk diplikasikan, karena selain memiliki nilai jual atau nilai ekonomis yang tinggi,juga dapat mengurangi dampak kerusakan lingkungan. Hal ini mengingat dampak buruk jangka panjang penggunaan bahan sintetis secara masif dalam memproduksi batik secara masal, secara lambat laun juga akan berpengaruh pula pada kelangsungan ekosistem di wilayah ini. Oleh karena itu penciptaan produk batik ramah lingkungan atau berbasis eco friendly ini merupakan sebuah upaya terobosan atau inovasi positif, mengingat kebutuhan akan produk batik juga terus meningkat. Sugeng Wardoyo, dkk BP ISI Yogyakarta 2019